PROFIL KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI BUNYI DAN PENDENGARAN BERDASARKAN DESAIN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK)

Tujuan dari penelitian ini adalah menyelidiki bagaimana TPACK guru dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan mengidentifikasi kreativitas siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan melibatkan dua orang guru dan 59 siswa kelas VIII di salah satu SMP di Kota Bandung. Instr...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Wijil Septiandari, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/39689/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan dari penelitian ini adalah menyelidiki bagaimana TPACK guru dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan mengidentifikasi kreativitas siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan melibatkan dua orang guru dan 59 siswa kelas VIII di salah satu SMP di Kota Bandung. Instrumen penelitian terdiri dari CoRe +Technology, lembar observasi pembelajaran, soal uraian keterampilan berpikir kreatif, rubrik keterampilan berpikir kreatif dan rubrik kreativitas siswa. Data desain TPACK guru diperoleh melalui analisis jawaban CoRe +Technology. Data keterlaksanaan desain TPACK diperoleh melalui observasi proses pmebelajaran. Peningkatan keterampilan berpikir kreatif diukur melalui tes tertulis yang dilaksanakan sebelum kegiatan pembelajaran dan sesudah proses pembelajaran sedangkan kreativitas siswa diukur melalui produk yang dibuat siswa. Hasil penelitian menunjukan desain konsep, penyampaian konsep serta teknologi yang diajukan oleh guru tidak jauh berbeda satu sama lain. Guru mampu mendesain pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir siswa serta mengasah kreativitas siswa dengan kerangka TPACK. Keterlaksanaan desain TPACK guru tidak menunjukan banyak kesenjangan antara desain dan proses pelaksanaan. Terdapat peningkatan pada keterampilan berpikir kreatif siswa di kedua kelas, peningkatan tertinggi ada pada aspek keterampilan berpikir fluency dan yang terendah adalah aspek originality. Produk yang dibuat siswa telah memuat aspek novelty,effective dan wholeness. Aspek wholeness memperoleh presentase tertinggi sebesar 87,5%. Kata Kunci : TPACK, CoRe +Technology, pelaksanaan pembelajaran,keterampilan berpikir kreatif, kreativitas siswa
Item Description:http://repository.upi.edu/39689/1/T_IPA_1707320_TITLE.pdf
http://repository.upi.edu/39689/2/T_IPA_1707320_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/39689/3/T_IPA_1707320_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/39689/4/T_IPA_1707320_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/39689/5/T_IPA_1707320_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/39689/6/T_IPA_1707320_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/39689/7/T_IPA_1707320_Appendix.pdf