PENGARUH GAYA MENGAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI: Survei pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri se-Kota Bandung

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri se- Kota Bandung dengan indikator nilai PAT tahun ajaran 2017/ 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Fani Rahmah Ramdani, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-08-27.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/39738/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03577 am a22003253u 4500
001 repoupi_39738
042 |a dc 
100 1 0 |a Fani Rahmah Ramdani, -  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH GAYA MENGAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI: Survei pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri se-Kota Bandung 
260 |c 2018-08-27. 
500 |a http://repository.upi.edu/39738/1/S_PEK_1400784_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39738/2/S_PEK_1400784_Tabel_of_Content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39738/3/S_PEK_1400784_%20Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39738/4/S_PEK_1400784_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39738/5/S_PEK_1400784_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39738/6/S_PEK_1400784_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39738/7/S_PEK_1400784_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39738/8/S_PEK_1400784_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39738/9/S_PEK_1400784_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39738/10/S_PEK_1400784_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri se- Kota Bandung dengan indikator nilai PAT tahun ajaran 2017/ 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah survey eksplanatory dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri se-kota Bandung tahun ajaran 2018/2019 dan diambil sampel sebanyak 265 siswa dengan teknik proportional random sampling. Pengujian data menggunakan analisis chi-square(x2) dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: (i) gaya mengajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. (ii) kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Temuan ini memiliki interpretasi bahwa gaya mengajar guru yang dominan diaplikasikan guru mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri se-Kota Bandung adalah gaya mengajar otoritas formal dan kemandirian belajar berada pada kategori baik. ..... This research was based on the low learning outcomes of students in the economics subject of XI IPS class in the City of Bandung with indicators of PAT values in 2017/2018 school year. This study aimed to determine the teaching style and learning autonomy towards student learning outcomes. The research method used is a survey with data collection techniques through questionnaires. The population in this study were all students of class XI IPS SMA Negeri Bandung in the 2018/2019 school year and the sample studied was 265 students with proportional random sampling technique. The data was analyzed by chi square (x2) method and regression. The results showed: (i) teacing style had effect towards student learning outcomes. (ii) learning autonomy had positive effect towards learning outcomes. This finding has an interpretation that the dominant teaching style which applied by economics teachers in Senior High School in Bandung was formal authority and the learning autonomy was in good category 
546 |a en 
690 |a HB Economic Theory 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB1603 Secondary Education. High schools 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/39738/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/39738/