PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS TAMU DI GRAND MERCURE BANDUNG SETIABUDI

Munculnya bisnis-bisnis baru yang menawarkan value dan memiliki keunikan tersendiri merupakan hal yang menjadi permasalahan saat ini, sehingga menyebabkan tingkat loyalitas relatif mengalami penurunan. Dengan semakin banyaknya hotel-hotel yang beroperasi di Bandung dan memiliki keunggulannya masing-...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Nadia Belaska, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-04-26.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/39765/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Munculnya bisnis-bisnis baru yang menawarkan value dan memiliki keunikan tersendiri merupakan hal yang menjadi permasalahan saat ini, sehingga menyebabkan tingkat loyalitas relatif mengalami penurunan. Dengan semakin banyaknya hotel-hotel yang beroperasi di Bandung dan memiliki keunggulannya masing-masing menyebabkan tingkat loyalitas tamu di Grand Mercure Bandung Setiabudi menjadi menurun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh experiential marketing yang terdiri dari sense, feel, think, act dan relate terhadap loyalitas tamu di Grand Mercure Bandung Setiabudi dengan unit analisis yaitu tamu repeater di Grand Mercure Bandung Setiabudi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jumlah sampel sebanyak 110 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisi jalur/path analysis. Experiential marketing yang dirasakan oleh tamu berada pada kategori tinggi. Experiential marketing yang terdiri dari sense, feel, think, act dan relate memiliki pengaruh yang positif terhadap loyalitas tamu. Sense mendapatkan penilaian tertinggi. Hal tersebut menunjukkan bahwa hotel dapat menciptakan pengalaman yang menyentuh emosi tamu sehingga menjadi senang dan merasa bangga.------ The emergence of new businesses that offer value and have their own uniqueness is a problem that is currently a problem, so that the relative level of loyalty has decreased. With the increasing number of hotels operating in Bandung and having their respective advantages, the guest loyalty level at the Grand Mercure Bandung Setiabudi has decreased. This study aims to analyze the influence of experiential marketing which consists of sense, feel, think, act and relate to guest loyalty at the Grand Mercure Bandung Setiabudi with a unit of analysis, namely a repeater guest at the Grand Mercure Bandung Setiabudi. This study uses a quantitative approach, with a total sample of 110 respondents. The data analysis technique used is path analysis. Experiential marketing perceived by guests is in the high category. Experiential marketing which consists of sense, feel, think, act and relate has a positive influence on guest loyalty. Sense getting the highest rating. This shows that the hotel can create experiences that touch the emotions of guests so that they are happy and proud.
Item Description:http://repository.upi.edu/39765/1/S_MPP_1401660_Title.pdf
http://repository.upi.edu/39765/2/S_MPP_1401660_Chapter%201.pdf
http://repository.upi.edu/39765/3/S_MPP_1401660_Chapter%202.pdf
http://repository.upi.edu/39765/4/S_MPP_1401160_Chapter%203.pdf
http://repository.upi.edu/39765/5/S_MPP_1401660_Chapter%204.pdf
http://repository.upi.edu/39765/6/S_MPP_1401160_Chapter%205.pdf
http://repository.upi.edu/39765/7/S_MPP_1401660_Appendix.pdf