PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN STRATEGI PENETAPAN TUJUAN DALAM PEMBELAJARAN AKTIVITAS PERMAINAN BULUTANGKIS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui model kooperatif dan strategi penetapan tujuan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam aktivitas pembelajaran bulutangkis. Penelitian ini menggunakan metode pre experiment dengan One Group Pretest-Posttest Design. Pengambilan sampel pada pe...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Olvita Mutiara Septishella, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/39833/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui model kooperatif dan strategi penetapan tujuan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam aktivitas pembelajaran bulutangkis. Penelitian ini menggunakan metode pre experiment dengan One Group Pretest-Posttest Design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling yang berarti pengambil sampel sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh peneliti. Tiga kelas siswa sekolah menengah atas kelas XI (n=72) berpartisipasi dalam pembelajaran aktivitas permainan bulutangkis yang diajarkan dengan menggunakan model kooperatif dan strategi penetapan tujuan. Motivasi belajar siswa diukur menggunakan kuesioner atau angket yang menggunakan skala Likert dengan lima pilihan jawaban. Dari hasil perhitungan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model kooperatif dan strategi penetapan tujuan dalam pembelajaran aktivitas permainan bulutangkis untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan 0,027 dengan katagori rendah.; The purpose of this study is to know the cooperative learning and goal-setting in enhancing the student's motivation for learning in badminton. This research uses pre experiment methods with One Group Pretest-Posttest Design. Sampling in this study uses purposive sampling which means that the sample taker is in accordance with the criteria set by the researcher.Three classes of senior high school class XI students (n = 72) participated in the learning of badminton game activities taught using cooperative models and goal setting strategies. Students ' learning motivation is measured using questionnaires or polls using the Likert scale with five answer options. From the results of the calculations and analysis of data can be concluded that there is the influence of cooperative models and goal-setting strategies in learning Badminton game activities to increase the motivation of learning students with 0.027 with the category Low.
Item Description:http://repository.upi.edu/39833/2/S_JKR_1501290_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/39833/3/S_JKR_1501290_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/39833/4/S_JKR_1501290_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/39833/5/S_JKR_1501290_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/39833/6/S_JKR_1501290_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/39833/7/S_JKR_1501290_Appendix.pdf
http://repository.upi.edu/39833/8/S_JKR_1501290_Title.pdf