PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KEBANGSAAN PADA PROGRAM ToT LEMHANNAS RI DALAM MENGATASI RADIKALISME : Studi Deskriptif Terhadap Alumni ToT Lemhannas RI Provinsi Jawa Barat

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan paham radikalisme yang bergerak masif hingga masuk ke lembaga-lembaga pendidikan seperti sekolah dan kampus sehingga banyak pihak memiliki keseriusan untuk membendung penyebarluasan paham radikalisme tersebut sejak dini melalui berbagai program. Pene...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Asep Ikbal, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-07-10.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/39845/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 06186 am a22002773u 4500
001 repoupi_39845
042 |a dc 
100 1 0 |a Asep Ikbal, -  |e author 
245 0 0 |a PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KEBANGSAAN PADA PROGRAM ToT LEMHANNAS RI DALAM MENGATASI RADIKALISME : Studi Deskriptif Terhadap Alumni ToT Lemhannas RI Provinsi Jawa Barat 
260 |c 2019-07-10. 
500 |a http://repository.upi.edu/39845/3/T_PKn_1707704_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39845/1/T_PKn_1707704_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39845/5/T_PKn_1707704_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39845/4/T_PKn_1707704_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39845/7/T_PKn_1707704_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39845/2/T_PKn_1707704_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39845/6/T_PKn_1707704_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan paham radikalisme yang bergerak masif hingga masuk ke lembaga-lembaga pendidikan seperti sekolah dan kampus sehingga banyak pihak memiliki keseriusan untuk membendung penyebarluasan paham radikalisme tersebut sejak dini melalui berbagai program. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia dalam menginternalisasikan nilai-nilai kebangsaan kepada guru dan dosen sebagai upaya menciptakan agen-agen yang menumbuhkan sikap nasionalisme peserta didik serta melihat bagaimana implementasi dari para alumni ToT Nilai-nilai kebangsaan tersebut. Dalam penelitian ini, terdapat lima rumusan masalah, yaitu (1) Bagaimana format ToT Nilai-nilai Kebangsaan yang dibuat oleh Lemhannas RI dalam upaya MENGATASI radikalisme di lingkungan pendidikan?; (2) Bagaimana sistem rekrutmen, pelaksanaan dan follow up peserta pelatihan ToT Nilai-nilai Kebangsaan agar mampu menjadi agen-agen anti radikalisme dilingkungannya mengajar?; (3) Bagaimana model pengembangan nilai-nilai kebangsaan yang dilakukan oleh Lemhannas RI pada program tersebut dalam upaya MENGATASI radikalisme?; (4) Bagaimana pola dan strategi implementasi para alumni ToT Nilai-nilai kebangsaan dalam menginternalisasikan nasionalisme pada proses pembelajaran?; (5) Apa saja solusi yang dapat dilaksanakan guna meningkatkan efektifitas ToT Nilai-nilai kebangsaan dalam MENGATASI radikalisme?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi deskriptif terhadap beberapa subjek penelitian diantaranya para pejabat Lemhannas RI, Alumni ToT Nilai-nilai Kebangsaan dan Kesbangpol Provinsi Jawa Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi literasi, dokumentasi dan catatan lapangan yang selanjutnya dilakukan analisis data berdasarkan empat tahap yakni reduksi data, penyajian data, triangulasi dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa program ToT Nilai-nilai kebangsaan dirancang dengan sangat baik disertai tujuan-tujuan yang terukur serta terus dikembangkannya nilai-nilai kebangsaan yang dikembangkan dari empat konsensus dasar bangsa menjadi bekal bagi para alumni pelatihan yang merupakan guru dan dosen untuk menginternalisasikannya kepada para siswa, meskipun pada tahap implementasi masih terdapat banyak kekurangan yang harus diperbaiki terutama dalam aspek pola integrasi serta strategi internalisasi Kata kunci :Radikalisme, Nilai-nilai Kebangsaan, Internalisasi, Guru dan Dosen, Lemhannas RI This research is motivated by the development of radicalism that moves massively into educational institutions such as schools and campuses so that many parties have the seriousness to stem the dissemination of the notion of radicalism from an early age through various programs. This study aims to determine the role of the National Resilience Institute of the Republic of Indonesia in internalizing national values to teachers and lecturers as an effort to create agents who foster attitudes towards nationalism and see how the ToT alumni implement these national values. In this study, there are five formulation of the problem, namely (1) How is the format of the ToT of the National Values made by the Indonesian Lemhannas in an effort to counteract radicalism in the educational environment ?; (2) What is the system of recruitment, implementation and follow-up of National Values ToT training participants to be able to become anti-radicalism agents in their teaching environment ?; (3) What is the model for the development of national values carried out by the Indonesian Lemhannas on the program in an effort to counteract radicalism ?; (4) What are the patterns and strategies for implementing the alumni of ToT National values in internalizing nationalism in the learning process ?; (5) What are the solutions that can be implemented to increase the effectiveness of ToT National values in counteracting radicalism? This study uses qualitative methods with descriptive studies of several research subjects including officials of the Indonesian National Defense Agency, ToT Alumni National and Kesbangpol Values of West Java Province. Data collection is done by observing, interviewing, studying literacy, documentation and field notes which then analyzes the data based on four stages, namely data reduction, data presentation, triangulation and conclusion drawing. The results of this study indicate that the ToT program of national values is very well designed with measurable goals and the continual development of national values developed from the four basic national consensus to provide training alumni who are teachers and lecturers to internalize it to students, even though in the implementation phase there are still many shortcomings that must be corrected especially in aspects of integration patterns and internalization strategies Keywords: Radicalism, Nationality, Internalization, Teachers and Lecturers, Lemhannas RI 
546 |a en 
690 |a HN Social history and conditions. Social problems. Social reform 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/39845/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/39845/