PENGGUNAAN ASESMEN PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LIFE AND CAREER ABAD 21 SISWA PADA MATERI PLANTAE

Pada pendidikan di abad ke-21 saat ini siswa dituntut untuk memiliki keterampilan yang mampu bersaing tantangan pada dunia global. Salah satu keterampilan tersebut adalah keterampilan life and career. Asesmen portofolio merupakan strategi penilaian yang tepat dalam meningkatkan keterampilan life and...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Siti Rahmawati, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-23.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/39918/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04234 am a22002773u 4500
001 repoupi_39918
042 |a dc 
100 1 0 |a Siti Rahmawati, -  |e author 
245 0 0 |a PENGGUNAAN ASESMEN PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LIFE AND CAREER ABAD 21 SISWA PADA MATERI PLANTAE 
260 |c 2019-08-23. 
500 |a http://repository.upi.edu/39918/1/S_BIO_1505622_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39918/2/S_BIO_1505622_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39918/3/S_BIO_1505622_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39918/4/S_BIO_1505622_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39918/5/S_BIO_1505622_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39918/6/S_BIO_1505622_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39918/7/S_BIO_1505622_Appendix.pdf 
520 |a Pada pendidikan di abad ke-21 saat ini siswa dituntut untuk memiliki keterampilan yang mampu bersaing tantangan pada dunia global. Salah satu keterampilan tersebut adalah keterampilan life and career. Asesmen portofolio merupakan strategi penilaian yang tepat dalam meningkatkan keterampilan life and career abad ke-21. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penggunaan asesmen portofolio dalam meningkatkan keterampilan life and career siswa pada materi Plantae. Asesmen portofolio yang digunakan berupa pengerjaan task oleh siswa, self assessment oleh siswa, dan pemberian feedback oleh guru. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental dengan desain penelitian one group pretest posttest design, sampel penelitian ialah keterampilan life and career siswa pada satu kelas utuh berjumlah 36 siswa. Data penelitian dikumpulkan menggunakan rubrik penilaian untuk mengukur keterampilan life and career pada kuisioner dan tiap task siswa, serta soal pilihan ganda untuk mengukur penguasaan konsep materi Plantae. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan asesmen portofolio pada pembelajaran Plantae mampu meningkatkan keterampilan life and career pada tiap indikator dan peningkatan tertinggi yaitu pada kemampuan menetapkan dan memenuhi tujuan. Dari hasil task siswa pada pembelajaran Plantae ditemukan peningkatan tertinggi pada kemampuan menetapkan dan memenuhi tujuan. Hampir keseluruhan siswa mencapai mastery (ketuntasan) pada task yang diberikan. Hampir keseluruhan siswa memberikan tanggapan baik pada penggunaan asesmen portofolio pada pembelajaran Plantae. Kata kunci: Asesmen Portofolio, Keterampilan Life and Career Abad 21, Materi Plantae Education in the 21st century requires to teach the skills that are able to compete against the changes of the world. One of the skills is life and career skills. Portfolio assessment is an appropriate strategy to improves 21st century life and career skills. The purpose of this study is to analyze the use of portfolio assessment to improve students' life and career skills in Plantae material. The portfolio assessment that was employed in this study were students task, students' self-assessment, and teacher feedback.. This study used a pre-experimental method with one group pretest posttest design, the sample of the study were 36 students in the tenth grade. The research data were collected using an assessment rubric to measure life and career skills in the questionnaire and each student's assignment, as well as multiple choice questions to measure mastery of the concept of Plantae material. The results indicated that the use of portfolio assessments could improve life and career skills in each indicator and the highest improvement was in the ability to set and fulfill goals. In the student task result, it was found that the highest improvement was in the ability to set and fulfill goals. Almost all students achieved mastery in their given assignment. Most of the students gave the good responses on the use of portfolio assessments in learning Plantae. Keywords: Portfolio Assessment, Life and Career Skills, Plantae Materials 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a QH301 Biology 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/39918/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/39918/