AKTUALISASI PRINSIP-PRINSIP LIVING VALUES EDUCATION PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN : Studi Kasus di SMA Negeri 3 Bandung

Pembangunan karakter bangsa menjadi salah satu misi suci dari keberadaan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Dalam koridor ini living values education dipahami dan diaktualisasikan oleh Sekolah (SMA Negeri 3 Bandung) yang notabene mengusung pendidikan karakter dalam praktik penyelenggaraan pen...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Tubagus Saputra, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-04.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/39951/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03763 am a22002773u 4500
001 repoupi_39951
042 |a dc 
100 1 0 |a Tubagus Saputra, -  |e author 
245 0 0 |a AKTUALISASI PRINSIP-PRINSIP LIVING VALUES EDUCATION PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN : Studi Kasus di SMA Negeri 3 Bandung 
260 |c 2019-08-04. 
500 |a http://repository.upi.edu/39951/1/T_PKN_1706383_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39951/2/T_PKN_1706383_CHAPTER1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39951/3/T_PKN_1706383_CHAPTER2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39951/4/T_PKN_1706383_CHAPTER3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39951/5/T_PKN_1706383_CHAPTER4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39951/6/T_PKN_1706383_CHAPTER5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39951/7/T_PKN_1706383_Appendix.pdf 
520 |a Pembangunan karakter bangsa menjadi salah satu misi suci dari keberadaan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Dalam koridor ini living values education dipahami dan diaktualisasikan oleh Sekolah (SMA Negeri 3 Bandung) yang notabene mengusung pendidikan karakter dalam praktik penyelenggaraan pendidikannya, khususnya dalam domain belajar dan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Desain Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, studi dokumentasi, dan catatan lapangan. Pengolahan Data dilakukan dengan Prosedur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan awal/verifikasi. Hasil dari penelitian ini (1) perencanaan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berbasis living values education di SMA Negeri 3 Bandung menyisipkan nilai-nilai kehidupan universal dan prinsip-prinsip living values education ke dalam butir-butir komponen dan tahapan pembelajaran dalam RPP yang dibuat oleh guru; (2) Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berbasis living values education di SMA Negeri 3 Bandung dilakukan dalam koridor tahapan pendahuluan, inti, dan penutup pembelajaran dengan menekankan prinsip belajar yang menyenangkan; (3) Kendala SMA Negeri 3 Bandung dalam mengaktualisasikan living values education pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan adalah masalah membuat soal penilaian yang menantang siswa dalam mengambil nilai-nilai kehidupan, materi pembelajaran yang cenderung bersifat over-cognitif, regulasi, dan entry behavior peserta didik itu sendiri, oleh karena itu, visi dan misi sekolah, intervensi nilai, dan kompetensi guru dalam mengajar menjadi faktor-faktor determinan dalam upaya mengatasi kendala; (4) nilai-nilai kebebasan/demokratis, siap maju, easy going, kepdulian, berani, percaya diri, komunikatif, religius, kemandirian, ramah, sopan, santun, sigap, dan semangat, rajin, berdaya saing, bertanggung jawab, disiplin, nasionalisme, dan cinta damai sebagai entitas yang membangun komponen kewarganegaraan merupakan suatu nilai-nilai kehidupan (living values) yang dimiliki oleh peserta didik SMA Negeri 3 Bandung yang diperoleh sebagai dampak dari pembelajaran langsung (instructional effect) maupun dampak pengiring (nurturant effect). Dengan demikian maka, konstruksi makna aktualisasi prinsip-prinsip living values education pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ialah sebagai pendekatan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang menyenangkan. 
546 |a en 
690 |a LB Theory and practice of education 
690 |a LB1603 Secondary Education. High schools 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/39951/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/39951/