DESAIN DIDAKTIS KONSEP PERSAMAAN DASAR TRIGONOMETRI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMA

Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi kesulitan belajar siswa serta membuat suatu desain pembelajaran yang bermakna sehingga dapat mengurangi kesulitan belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data triangulasi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Yusi Nur Apriyani, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/45/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi kesulitan belajar siswa serta membuat suatu desain pembelajaran yang bermakna sehingga dapat mengurangi kesulitan belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data triangulasi. Penelitian ini diimplementasikan kepada siswa SMA kelas XI. Berdasarkan pada temuan yang diperoleh, hambatan belajar yang dialami siswa pada materi persamaan dasar trigonometri dikelompokkan menjadi 3 (tiga) kategori yaitu hambatan dalam pemaknaan konsep, hambatan yang berkaitan dengan variasi informasi, dan hambatan dalam representasi matematis. Berdasarkan kesulitan belajar tersebut dirancanglah suatu alur pembelajaran yang akan digunakan dalam pembuatan desain didaktis awal. Dari hasil implementasi desain didaktis awal dapat diketahui bahwa respons siswa sesuai dengan prediksi pada desain pembelajaran yang dirancang, dengan beberapa perbaikan pada desain agar pembelajaran dapat berlangsung lebih efektif. --------- The purpose of this study was to identify learning obstacle and to create a meaningful lesson design that can reduce the learning obstacles. This study used qualitative method, with triangulation for collecting data. This study was implemented to 11th grade students of Senior High School. The result show that the learning obstacles in basic trigonometric equations were categorized into 3 (three) types, learning obstacle of concept image, learning obstacle related to various information and learning obstacle in mathematical representation. Based on the obstacles, a learning trajectory was designed to create hypothetical designs. Based on implementation of hypothetical designs, we obtain that they are adequate to reduce learning obstacles with some revises on the lesson designs.
Item Description:http://repository.upi.edu/40050/1/T_MTK_1707596_Title.pdf
http://repository.upi.edu/40050/2/T_MTK_1707596_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/40050/3/T_MTK_1707596_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/40050/4/T_MTK_1707596_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/40050/5/T_MTK_1707596_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/40050/6/T_MTK_1707596_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/40050/7/T_MTK_1707596_Appendix.pdf