KARAKTERISASI INSTRUMEN TES KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DENGAN ANALISIS RASCH MODEL PADA MATERI USAHA DAN ENERGI

Pemecahan masalah merupakan alat utama dalam pembelajaran fisika. Setelah siswa mempelajari konsep-konsep fisika, diharapkan siswa tidak hanya menguasai konsep-konsep yang telah dipelajarinya akan tetapi dapat mengaplikasikan konsep-konsep tersebut dan menggunakan hubungan antara konsep yang satu de...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Lola Nadila Aprilia Tjandra, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-30.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/478/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05098 am a22002773u 4500
001 repoupi_40078
042 |a dc 
100 1 0 |a Lola Nadila Aprilia Tjandra, -  |e author 
245 0 0 |a KARAKTERISASI INSTRUMEN TES KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DENGAN ANALISIS RASCH MODEL PADA MATERI USAHA DAN ENERGI 
260 |c 2019-08-30. 
500 |a http://repository.upi.edu/40078/2/S_FIS_1501057_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40078/3/S_FIS_1501057_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40078/4/S_FIS_1501057_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40078/5/S_FIS_1501057_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40078/7/S_FIS_1501057_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40078/6/S_FIS_1501057_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40078/1/S_FIS_1501057_Appendix.pdf 
520 |a Pemecahan masalah merupakan alat utama dalam pembelajaran fisika. Setelah siswa mempelajari konsep-konsep fisika, diharapkan siswa tidak hanya menguasai konsep-konsep yang telah dipelajarinya akan tetapi dapat mengaplikasikan konsep-konsep tersebut dan menggunakan hubungan antara konsep yang satu dengan yang lainnya dalam berbagai situasi dan masalah berbeda. Sehingga kemampuan memecahkan masalah sangat penting untuk dimiliki oleh siswa agar konsep fisika yang telah dipelajari dapat bermakna. Untuk mengetahui capaian kemampuan memecahkan masalah tersebut maka dibutuhkan alat ukut yang valid dan reliabel. Akan tetapi sejauh ini pengukuran kemampuan memecahkan masalah dengan alat ukur yang sesuai belum banyak dilakukan. Oleh karena itu, penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengkarakterisasikan tes kemampuan memecahkan masalah berdasarkan analisis Rasch model. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain konstruksi dan validasi tes. Proses konstruksi menghasilkan tes kemampuan memecahkan masalah berbentuk uraian pada materi usaha dan energi yang mengukur lima aspek kemampuan memecahkan masalah. Sedangkan proses validasi didasarkan pada penilaian tes oleh lima orang ahli dan uji coba oleh 150 partisipandari dua sekolah di Jawa Barat. Kemudian data dianalisis menggunakan Rasch model, hasil penelitian menunjukkan bahwa tes kemampuan memecahkan masalah dapat dikatakan valid berdasarkan analisis menggunakan validitas isi V Aiken. Selain itu hasil analisis validitas tes menunjukkan bahwa ada 16 soal yang valid dari 20 soal, dan pada reliabilitas item memiliki reliabilitas yang bagus sekali. Tingkat kesukaran tes kemampuan memecahkan masalah pada kedua kelompok dengan kriteria soal yang sulit ada pada soal nomor 4e dengan tingkat kesukaran 1,16 dan 0,60 untuk kriteria soal yang mudah ada pada nomor 1b dengan tingkat kesukaran -0,94 dan nomor 1c dengan tingkat kesukaran -0,86. Pada soal tes kemampuan memecahkan masalah tidak ditemukan adanya item yang mengandung bias. Kata kunci : kemampuan memecahkan masalah; karakterisasi tes; Rasch Model. ------ Problem solving is a major tool in learning physics. After the students learn the concepts of physics, it is expected that students not only master the concepts they have learned but will be able to apply these concepts and use the relationship between one concepts to another in a variety of situations with different problems. With that, the ability of problem solving is very important for students to have in order to make the concept of physics that have been learned can be meaningful. To find out students' ability of problem solving, the valid and reliable data ar needed but, the suitable measurement for problem solving ability is still rare so far. Therefore, the research was conducted with the aim of characterizing the test of problem solving ability use rasch model. The construction design and validation test was choosen for this research. The contruction produced a test of problem solving ability in the description form of the material work and energy that measured five aspects problem solving ability. While the validation process was based on test by five experts and tested by 150 participants from two schools in West Java. The data were analyzed using the Rasch model. The results of the research showed that the test of problem solving ability is valid based on V Aiken. Beside that the results of validity test analysis showed that there 16 valid questions out of 20 questions, and the item of reliability has excellent reliability. The difficult level of the problem solving ability in both groups of school was a question number 4e with 1.16 and 0.60 level difficulty. For the easy question criteria is in number 1b with difficulty level -0.94 and number 1c with difficulty level -0.86. The item that contain bias was not found in this test of problem solving ability. Keywords: problem solving Ability; test characterization; Rasch Model. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a QC Physics 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/40078/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/478/