PENGARUH APLIKASI ACTIONBOUND TERHADAP HASIL BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PLANTAE

Pada era milenium ini, perkembangan teknologi sudah sangat luas dan beragam jenisnya termasuk pada bidang pendidikan. Aplikasi Actionbound merupakan salah satu aplikasi edukatif yang dapat dijadikan sumber media ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh aplikasi Actionbound terh...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Rianeu Ramadhanti, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-23.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/4114/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Pada era milenium ini, perkembangan teknologi sudah sangat luas dan beragam jenisnya termasuk pada bidang pendidikan. Aplikasi Actionbound merupakan salah satu aplikasi edukatif yang dapat dijadikan sumber media ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh aplikasi Actionbound terhadap hasil belajar dan berpikir kritis siswa pada materi plantae. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMAN 15 Bandung semester genap tahun ajaran 2018/2019. Sampel dari penelitian ini adalah kelas X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan aplikasi Actionbound dalam pembelajaran dan X MIPA 6 sebagai kelas kontrol yang tidak menggunakan aplikasi Actionbound dalam pembelajaran. Instrumen penelitian yang digunakan adalah 10 butir soal pilihan ganda untuk melihat hasil belajar ranah kognitif, lembar observasi untuk melihat hasil belajar ranah afektif, dan 5 butir soal essay untuk melihat kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan pembelajaran, terdapat peningkatan yang lebih besar pada kelas eksperimen dalam tes hasil belajar kognitif. Nilai N-Gain pada kelas eksperimen adalah 0,60 (Sedang) dan 0,37 (Sedang) pada kelas kontrol. Terdapat peningkatan nilai pada tes kemampuan berpikir kritis. Nilai N-gain pada kelas eksperimen adalah 0,72 (Tinggi) dan 0,45 (Sedang) pada kelas kontrol. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa pembelajaran menggunakan aplikasi Actionbound dapat meningkatkan hasil belajar dan berpikir kritis siswa pada materi Plantae.;Technological development in millennial eras has various types including in a field of education. Actionbound apps is one of eduactional apps which can be used as learning resources. This research aims to identify the effect of Actionbound apps on students' learning outcomes and critical thinking abilities in Plantae. Research method that we used is quasy experiment with pretest posttest control group design. Subject population of this research is SMAN 15 Bandung's students on X MIPA class in second semester of 2018/2019 academic year. We choose class of X MIPA 5 as experiment group that used Actionbound apps in learning Plantae and class of X MIPA 6 as control group which is not using Actionbound apps in learning Plantae. Instrument for measuring cognitive learning outcome is 10 numbers multiple choices test, observation sheet for affective learning outcomes measurement and 5 numbers of essay test for critical thinking ability measurement. The reasult shows that there are few improvements in experiment group student's learning outcomes and critical thinking abilities score. N-Gain score of the experimental group is 0,60 (Medium) otherwise N-Gain score of the control group is 0,37 (Medium). There are also few improvement in critical thinking abilities score. Score of N-gain in experimental group is 0,72 (High) otherwise N-Gain score in the control group is 0,45 (Medium). According to the result of this research Actionbound apps may increase students' learning outcomes and critical thinking skills in Plantae. Key words : Actionbound, Learning outcomes, Critical Thinking
Item Description:http://repository.upi.edu/40114/1/S_BIO_1500897_Title.pdf
http://repository.upi.edu/40114/2/S_BIO_1500897_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/40114/3/S_BIO_1500897_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/40114/4/S_BIO_1500897_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/40114/5/S_BIO_1500897_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/40114/6/S_BIO_1500897_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/40114/7/S_BIO_1500897_Appendix.pdf