ANALISIS PERILAKU MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO TERHADAP PENGGUNAAN SMARTPHONE DALAM UPAYA MENUNJANG PROSES PEMBELAJARAN

Seiring dengan bertambahnya jumlah pengguna smartphone, semakin modern pula perkembangan kehidupan masyarakat pada umumnya, tak terkecuali bagi mahasiswa. Perangkat smartphone sendiri sangat dimanfaatkan oleh mahasiswa baik dalam kehidupan sehari - hari seperti kegiatan komunikasi atau lebih jauh se...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Irfan Nuroni, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-30.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/42/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04353 am a22002773u 4500
001 repoupi_40200
042 |a dc 
100 1 0 |a Irfan Nuroni, -  |e author 
245 0 0 |a ANALISIS PERILAKU MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO TERHADAP PENGGUNAAN SMARTPHONE DALAM UPAYA MENUNJANG PROSES PEMBELAJARAN 
260 |c 2019-08-30. 
500 |a http://repository.upi.edu/40200/1/S_TE_1400047_Tittle.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40200/2/S_TE_1400047_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40200/3/S_TE_1400047_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40200/4/S_TE_1400047_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40200/5/S_TE_1400047_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40200/6/S_TE_1400047_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40200/7/S_TE_1400047_Appendix.pdf 
520 |a Seiring dengan bertambahnya jumlah pengguna smartphone, semakin modern pula perkembangan kehidupan masyarakat pada umumnya, tak terkecuali bagi mahasiswa. Perangkat smartphone sendiri sangat dimanfaatkan oleh mahasiswa baik dalam kehidupan sehari - hari seperti kegiatan komunikasi atau lebih jauh sebagai penunjang dalam kegiatan pembelajaran. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui perilaku mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Elektro FPTK UPI terhadap penggunaan smartphone baik dalam penggunaannya, pemahaman perangkat smartphone, pengaruh smartphone dan kebermanfaatan smartphone dalam menunjang proses pembelajaran. Desain penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 80 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro. Instrumen peneliltian yang digunakan adalah kuesioner yang menggunakan skala Likert. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 68,75% mahasiswa menggunakan smartphone untuk kegiatan belajar, 63,75% mahasiswa mempunyai pemahaman tentang smartphone baik software maupun hardware, 88,75% mahasiswa mengakui bahwa smartphone sangat berpengaruh positif terhadap kegiatan pembelajaran, dan 80% mahasiswa mengakui bahwa kebermanfaatan dari smartphone dapat digunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Maka kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah perilaku mahasiswa terhadap penggunaan smartphone sebagian besar digunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Adapun rekomendasi dari hasil penelitian ini yaitu diharapkan kedepannya sistem pendidikan dapat lebih mengoptimalkan perangkat smartphone sebagai media pembelajaran dengan lebih efektif. Kata kunci : Perilaku, Mahasiswa, Smartphone, Pembelajaran. ------- Along with the increasing number of smartphone users, the more modern the development of people's lives in general, no exception for students. The Smartphone itself is highly utilized by the students in everyday life such as communication activities or further supporting the learning activities. The purpose of this study is to know the student behavior of smartphone use in use, understanding of smartphone devices, smartphone influence and the usefulness of smartphones in supporting the learning process. The design of this research uses quantitative descriptive with a total sample of 80 students of the electrical Engineering education study Program. The study instrument used was a questionnaire that used the Likert scale. The results of this study show that 68.75% of students use smartphones for learning activities, 63.75% of students have an understanding of both software and hardware smartphones, 88.75% of students acknowledge that smartphones are very Positive influence on learning activities, and 80% of students acknowledge that the usefulness of smartphones can be used to support learning activities. The conclusion of this research is that the student behaviour of smartphone use is mostly used to support learning activities. The recommendation from the results of this research is expected in the future education system can optimize the smartphone device as a medium of learning more effectively. Keywords: behavior, student, Smartphone, learning. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/40200/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/42/