PENGARUH LEMBAR KERJA KREATIF DAN KRITIS ILMIAH (LK3I) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF ILMIAH, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS ILMIAH, DAN KETERAMPILAN PENALARAN ILMIAH PADA TOPIK ALAT OPTIK

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menyelidiki apakah ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan Lembar Kerja Kreatif dan Kritis Ilmiah (LK3I) dengan pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif ilmiah, keterampilan berpikir kritis ilmiah, dan keterampilan pena...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Rahadiani Nurul Qonita, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-07-01.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/4242/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menyelidiki apakah ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan Lembar Kerja Kreatif dan Kritis Ilmiah (LK3I) dengan pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif ilmiah, keterampilan berpikir kritis ilmiah, dan keterampilan penalaran ilmiah siswa pada materi alat-alat optik. 62 siswa kelas XI MIPA di Kota Cimahi ikut serta dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimen design dengan desain Nonequivalent control group. Lembar Kerja Kreatif dan Kritis Ilmiah (LK3I) untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif ilmiah, keterampilan berpikir kritis ilmiah, dan keterampilan penalaran ilmiah pada kelas eksperimen dan LKS biasa pada kelas kontrol. Perbedaan peningkatan ini dianalisis berdasarkan pola jawaban siswa dalam menjawab instrumen. Instrumen terdiri dari 20 butir soal pilihan ganda untuk mengukur keterampilan penalaran ilmiah dan 12 butir soal esai untuk mengukur keterampilan berpikir kreatif ilmiah dan keterampilan berpikir kritis ilmiah. hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peningkatan pada hasil pretest-posttest kelas eksperimen yang menggunakan LK3 lebih besar dibandingkan dengan hasil pretest-posttest kelas kontrol yang menggunakan LKS biasa.; The purpose of this research is to investigate whether there are some significant influence from application of Scientific Creative Critical Worksheet (SCCW) on project based learning for improving Scientific Creative Thinking Skill, Scientific Critical Thinking Skill, and Scientific Reasoning Skill on optical instrument topic. The participant of this research were 62 students from eleventh grade science class in one of the private school in Cimahi. This research using Scientific Creative Critical Worksheet that contains problem to be solved to train Scientific Creative Thinking Skill, Scientific Critical Thinking Skill,Scientific Reasoning Skill for experimental class and ordinary worksheet for control class. The differences in this increase was analyzed based on the student answer on instrument, Instrumen contain 20 multiplechoice and 12 essay to measure Scientific Creative Thinking Skill, Scientific Critical Thinking Skill, and Scientific Reasoning Skill the result of this research showed a different result between pretest-posttest experimental class that used Scientific Creative Critical Worksheet higher than control class that used ordinary worksheet.
Item Description:http://repository.upi.edu/40242/2/S_FIS_1501735_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/40242/3/S_FIS_1501735_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/40242/4/S_FIS_1501735_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/40242/5/S_FIS_1501735_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/40242/6/S_FIS_1501735_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/40242/7/S_FIS_1501735_Appendix.pdf
http://repository.upi.edu/40242/10/S_FIS_1501735_Tittle.pdf