PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PROGRAM STUDI AKUNTANSI DI SMK SANGKURIANG 1 CIMAHI

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memverifikasi mengenai pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dasar. Gaya belajar yang diteliti adalah gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif denga...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Ayu Lestari Safitri, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-09-05.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/4244/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memverifikasi mengenai pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dasar. Gaya belajar yang diteliti adalah gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dan verifikatif, pengujian hipotesis yang digunakan adalah Analysis of Variance (ANOVA). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara studi dokumentasi dan penyebaran angket. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 104 siswa dari total populasi 140 siswa kelas X Program Studi Akuntansi di SMK Sangkuriang 1 Cimahi. Temuan penelitian ini adalah gaya belajar berpengaruh terhadap hasil belajar dan terdapat perbedaan hasil belajar berdasarkan gaya belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa maka guru harus mengakomodasi dan memfasilitasi gaya belajar siswa dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Gaya Belajar, Hasil Belajar. -------This study aims to describe and verify the influence of learning styles on student learning outcomes in basic accounting subjects. Learning styles studied are visual, auditory, and kinesthetic learning styles. The research uses a quantitative approach with descriptive and verification methods. To test the hypothesis, this research uses Analysis of Variance (ANOVA). Data collection techniques in this study by means of documentation and questionnaire study. The number of samples used in this study were 104 students from a total population of 140 students of class X in the Accounting Study Program at Sangkuriang 1 Cimahi Vocational School. The findings of this study are learning styles effect learning outcomes and there are differences in learning outcomes based on student learning styles. The implications of this research is to improve student learning styles in the learning process. Keywords: Learning Style, Learning Outcomes.
Item Description:http://repository.upi.edu/40244/1/S_PEA_1501326_Title.pdf
http://repository.upi.edu/40244/2/S_PEA_1501326_%20Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/40244/3/S_PEA_1501326_%20Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/40244/4/S_PEA_1501326_%20Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/40244/5/S_PEA_1501326_%20Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/40244/6/S_PEA_1501326_%20Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/40244/7/S_PEA_1501326_%20Apendix.pdf