PEMANFAATAN BLOCKLY DALAM PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SMK

Pemrograman dasar merupakan salah satu mata pelajaran dasar keahlian C2 di SMK yang sangat penting untuk dikuasai seorang siswa Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Akan tetapi terdapat permasalahan mengenai kurangnya pemahaman, minat dan motivasi siswa dalam Pemrograman Dasar. Dalam penelitian...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: R. Luki Rahayu Agung, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-26.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/4325/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04485 am a22002773u 4500
001 repoupi_40325
042 |a dc 
100 1 0 |a R. Luki Rahayu Agung, -  |e author 
245 0 0 |a PEMANFAATAN BLOCKLY DALAM PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SMK 
260 |c 2019-08-26. 
500 |a http://repository.upi.edu/40325/1/S_KOM_1301579_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40325/2/S_KOM_1301579_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40325/3/S_KOM_1301579_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40325/4/S_KOM_1301579_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40325/5/S_KOM_1301579_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40325/6/S_KOM_1301579_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40325/7/S_KOM_1301579_Appendix.pdf 
520 |a Pemrograman dasar merupakan salah satu mata pelajaran dasar keahlian C2 di SMK yang sangat penting untuk dikuasai seorang siswa Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Akan tetapi terdapat permasalahan mengenai kurangnya pemahaman, minat dan motivasi siswa dalam Pemrograman Dasar. Dalam penelitian ini berfokus untuk meningkatkan pemahaman, oleh karena itu diperlukan sebuah hal yang baru untuk membuat siswa lebih mudah dalam memahami materi. Dalam hal ini peneliti menggunakan Blockly dalam pengembangan multimedia pembelajaran interaktif sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dalam pembelajaran pemrograman dasar. Penelitian ini menggunakan metode preeksperimental dengan desain one-group pretest posttest dan tahapan pengembangan multimedia Siklus Hidup Menyeluruh (SHM). Dari penelitian ini siswa melakukan pembelajaran di dalam multimedia yang dikembangkan kemudian siswa memberikan respon terhadap multimedia yang telah mereka gunakan berkaitan dengan aspek perangkat lunak, aspek pembelajaran, dan aspek komunikasi visual. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan Multimedia yang dikembangkan hasil indeks gain yang diperoleh adalah sebesar 0.36 yang termasuk kedalam peningkatan sedang, kemudian hasil dari respon siswa terhadap multimedia yang diperoleh adalah aspek perangkat lunak sebesar 85.42%, aspek pembelajaran sebesar 82.99% dan aspek komunikasi visual sebesar 83.47%. Dari hasil tersebut dapat diketahui rata-rata persentase yang diperoleh yakni sebesar 83.99%. keeratan hubungan antara nilai gain dan respon siswa adalah cukup, yaitu sebesar 0,31. Hal ini juga menunjukan bahwa multimedia pembelajaran interaktif yang melibatkan blockly berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman siswa.;Basic programming is one of the basic subjects of C2 expertise in Vocational Schools which is very important to be mastered by a student of Information and Communication Technology (ICT). However, there are problems regarding the lack of understanding, interest and motivation of students in Basic Programming. In this study focuses on improving understanding, therefore we need a new thing to make students easier to understand the material. In this case the researchers used Blockly in the development of interactive learning multimedia as an effort to increase understanding in learning basic programming. This study uses a pre-experimental method with one-group pretest posttest design and multimedia development stages of the Comprehensive Life Cycle (SHM). From this research students conduct learning in multimedia that is developed then students respond to multimedia that they have used relating to aspects of software, aspects of learning, and aspects of visual communication. The results of this study indicate that with Multimedia developed the gain index results obtained amounted to 0.36 which included in the moderate increase, then the results of students' responses to multimedia obtained were software aspects at 85.42%, learning aspects at 82.99% and visual communication aspects at 83.47%. From these results it can be seen that the average percentage obtained is 83.99%. The closeness of the relationship between the gain value and student response is sufficient, which is equal to 0.31. It also shows that interactive learning multimedia which involves blockly influences students' understanding of improvement. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a QA76 Computer software 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/40325/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/4325/