PROGRAM INTERVENSI BERSUMBER DAYA KELUARGA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MERAWAT DIRI PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG
Keluarga merupakan tempat pengasuhan dan tempat pendidikan pertama dan utama bagi perkembangan pribadi anak. Peran keluarga sebagai lingkungan yang paling suportif untuk melakukan intervensi terhadap anak menjadi perbincangan dalam dunia pendidikan. Orang tua merupakan pendidik utama dan pertama dal...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Academic Paper |
Published: |
2019-08-05.
|
Subjects: | |
Online Access: | http://repository.upi.edu/4326/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
LEADER | 04078 am a22002773u 4500 | ||
---|---|---|---|
001 | repoupi_40326 | ||
042 | |a dc | ||
100 | 1 | 0 | |a Witri Amallia Elvandari, - |e author |
245 | 0 | 0 | |a PROGRAM INTERVENSI BERSUMBER DAYA KELUARGA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MERAWAT DIRI PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG |
260 | |c 2019-08-05. | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/40326/1/T_PKKH_1603137_Title%20.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/40326/2/T_PKKH_1603137_Chapter1.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/40326/3/T_PKKH_1603137_Chapter2.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/40326/4/T_PKKH_1603137_Chapter3.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/40326/5/T_PKKH_1603137_Chapter4.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/40326/6/T_PKKH_1603137_Chapter5.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/40326/7/T_PKKH_1603137_Appendix.pdf | ||
520 | |a Keluarga merupakan tempat pengasuhan dan tempat pendidikan pertama dan utama bagi perkembangan pribadi anak. Peran keluarga sebagai lingkungan yang paling suportif untuk melakukan intervensi terhadap anak menjadi perbincangan dalam dunia pendidikan. Orang tua merupakan pendidik utama dan pertama dalam mengembangkan keterampilan merawat diri. Orang tua perlu mengetahui dan menggunakan teknik dan strategi yang tepat bagi anak tunagrahita agar latihan keterampilan merawat diri dapat berjalan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan merawat diri siswa tunagrahita di SLB Garut melalui program intervensi bersumber daya keluarga. Kemandirian bukanlah keterampilan yang muncul secara tiba-tiba, tetapi perlu diajarkan dan dilatih pada anak agar tidak menghambat tugas-tugas perkembangan anak selanjutnya. Melalui program intervensi keluarga,diharapkan dapat membantu keluarga untuk meningkatkan keterampilan merawat diri anak. Metode penelitian ini merupakan mixed method atau metode campuran. Observasi, wawancara dan dokumentasi digunakan untuk menggali data yang berhubungan dengan kemampuan merawat diri subjek dan kondisi objektif orang tua dalam hal merawat diri kepada subjek. Hasil analisis data menunjukan bahwa subjek belum mampu melakukan kegiatan merawat diri secara mandiri. Orang tua masih menerapkan pola asuh yang otoriter dimana kegiatan mandi dan menggosok gigi masih dilakukan penuh oleh orang tua sehingga anak belum mendapatkan kesempatan untuk melakukan kegiatan secara mandiri. Program intervensi bersumber daya keluarga dapat meningkatkan keterampilan merawat diri anak dan pola asuh orang tua menjadi lebih demokratis. Memberikan kesempatan kepada anak untuk melakukan kegiatan merawat diri secara mandiri.;Parental acceptance issues to down syndrom children will have an impact on the psychological, and children's achievement in school and children's independence. This study aims to formulate the program acceptance of parents who have children Down syndrome. Research subjects were three parents who had a Down syndrome child. Observations, interviews and documentation are used to explore data relating to the objective conditions of parental acceptance as well as the efforts that schools have made to improve parental acceptance. The result of data analysis shows acceptance of three subject of parent still on stage of secondary phase where still feel conflicting feeling, feel guilty, angry, embarrassed and feel humiliated, and confusion in parenting. Parental acceptance programs with Down syndrome children contain four aspects that are mixed from factors that affect acceptance, namely: knowledge support, religious support, emotional support and social support. The suitability of the program with the needs of parents and paying attention to the principle of flexibility will lead parents to accept the condition of their down syndrome children. | ||
546 | |a en | ||
690 | |a HQ The family. Marriage. Woman | ||
690 | |a LC Special aspects of education | ||
655 | 7 | |a Thesis |2 local | |
655 | 7 | |a NonPeerReviewed |2 local | |
787 | 0 | |n http://repository.upi.edu/40326/ | |
787 | 0 | |n http://repository.upi.edu | |
856 | 4 | 1 | |u http://repository.upi.edu/4326/ |