DESAIN DIDAKTIS PEMBELAJARAN KONTEKS PELUMAS MEDIA MAGNETIK UNTUK MENGEMBANGKAN VIEW OF NATURE OF SCIENCE AND TECHNOLOGY (VNOST) PESERTA DIDIK SMA

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain didaktis pembelajaran konteks pelumas media magnetik untuk mengembangkan VNOST peserta didik SMA. Desain penelitian menggunakan kerangka penelitian desain didaktis. Metode penelitian deskriptif dan evaluatif digunakan dalam menjelaskan temuan setiap...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Atep Rian Nurhadi, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-23.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/4374/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05218 am a22002773u 4500
001 repoupi_40374
042 |a dc 
100 1 0 |a Atep Rian Nurhadi, -  |e author 
245 0 0 |a DESAIN DIDAKTIS PEMBELAJARAN KONTEKS PELUMAS MEDIA MAGNETIK UNTUK MENGEMBANGKAN VIEW OF NATURE OF SCIENCE AND TECHNOLOGY (VNOST) PESERTA DIDIK SMA 
260 |c 2019-08-23. 
500 |a http://repository.upi.edu/40374/1/T_KIM_1707241_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40374/2/T_KIM_1707241_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40374/3/T_KIM_1707241_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40374/4/T_KIM_1707241_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40374/5/T_KIM_1707241_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40374/6/T_KIM_1707241_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40374/7/T_KIM_1707241_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain didaktis pembelajaran konteks pelumas media magnetik untuk mengembangkan VNOST peserta didik SMA. Desain penelitian menggunakan kerangka penelitian desain didaktis. Metode penelitian deskriptif dan evaluatif digunakan dalam menjelaskan temuan setiap tahapan dan mengevaluasi desain didaktis yang dikembangkan. Penelitian ini melibatkan 40 peserta didik SMA yang dipilih secara acak dari kelas X sampai XII. Instrumen penelitian yang digunakan ialah kuesioner VNOST termodifikasi, soal tes prakonsepsi, dan lembar validasi desain didaktis. Hasil menunjukkan pada tahapan pertama analisis situasi didaktis sebelum pembelajaran, diperoleh desain didaktis hipotesis tervalidasi yang terdiri atas situasi didaktis, prediksi respon peserta didik, dan antisipasi pendidik yang dikembangkan berdasarkan indikator pencapaian kompetensi, inti pembelajaran bermuatan VNOST, dan hambatan belajar peserta didik yang teridentifikasi. Pada tahapan kedua hasil analisis metapedadidaktik, diketahui situasi didaktis saat pembelajaran berlangsung secara umum sesuai dengan desain didaktis hipotesis yang dikembangkan, namun terjadi beberapa kendala seperti respon peserta didik yang berbeda dengan prediksi awal sehingga tindakan didaktis baru dilakukan, pandangan VNOST yang masih "Naïve" dan hambatan belajar yang muncul. Kendala-kendala tersebut dianalisis pada tahapan analisis retrosfektif sebagai saran perbaikan untuk penelitian desain didaktis selanjutnya dan menganalisis potensi desain didaktis yang dikembangkan. Pada tahapan ketiga hasil analisis retrosfektif, desain didaktis pembelajaran konteks pelumas media magnetik yang dikembangkan berpotensi mengembangkan VNOST peserta didik menjadi lebih baik dengan perubahan pandangan terkait sains dan teknologi yang "Realis". Selain itu, desain didaktis ini dapat mengatasi hambatan belajar yang teridentifikasi pada tahapan awal yang ditandai dengan tingkat pemahaman konsep yang "benar" pada hasil uji pemahaman konsep.;This study aims to produce a didactic design of magnetic media lubricant context learning to develop VNOST high school students. The research design uses a didactic design research. Descriptive and evaluative research methods are used in explaining the findings of each stage and evaluating the didactic design developed. This study involved 40 high school students randomly selected from class X to XII. The research instrument used was a modified VNOST questionnaire, preconception test questions, and didactic design validation sheets. The results show that in the first stage of the didactic situation analysis before learning, a didactic design of validated hypotheses consisting of didactic situations, predicted students' responses, and anticipated educators was developed based on indicators of competency achievement, VNOST-charged learning core, and identified student's learning obstacles. In the second stage of the results of the methapedadidactic analysis, the didactic situation is known when learning takes place in general in accordance with the didactic design of the developed hypothesis, but there are several obstacles such as students' responses that differ from the initial prediction so that new didactic actions are carried out, VNOST views are still "naïve" and learning obstacles that arise. These constraints are analyzed at the retrosfective analysis stage as suggestions for improvement for further didactic design research and for analyzing the potential of didactic designs developed. In the third stage of the retrosfective analysis results, the didactic design of the learning context of the magnetic media lubricant that was developed has the potential to develop students' VNOST to be better with changes in views related science and technology to "Realist". In addition, this didactic design can overcome the learning barriers identified in the initial stages which are marked by the level of understanding of the concept that is "correct" on the results of the concept understanding test. 
546 |a en 
690 |a LB1603 Secondary Education. High schools 
690 |a QD Chemistry 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/40374/ 
787 0 |n https://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/4374/