THE EFFECT OF A DIGITAL INTERACTIVE SCIENCE POSTER USING THINGLINK TOWARDS STUDENTS' CONCEPT MASTERY AND CREATIVITY IN LEARNING ABOUT DRUGS

Generasi saat ini adalah generasi "digital natives" yang sangat dekat dengan teknologi. Guru pada abad ke-21 harus siap untuk menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran, salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah digital interactive science poster menggunakan ThingLink....

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Selvi Nuraeni, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-26.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/4375/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04615 am a22002893u 4500
001 repoupi_40375
042 |a dc 
100 1 0 |a Selvi Nuraeni, -  |e author 
245 0 0 |a THE EFFECT OF A DIGITAL INTERACTIVE SCIENCE POSTER USING THINGLINK TOWARDS STUDENTS' CONCEPT MASTERY AND CREATIVITY IN LEARNING ABOUT DRUGS 
260 |c 2019-08-26. 
500 |a http://repository.upi.edu/40375/1/S_IPSE_1501769_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40375/2/S_IPSE_1501769_Chapter%201.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40375/3/S_IPSE_1501769_Chapter%202.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40375/4/S_IPSE_1501769_Chapter%203.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40375/5/S_IPSE_1501769_Chapter%204.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40375/6/S_IPSE_1501769_Chapter%205.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40375/7/S_IPSE_1501769_Appendix.pdf 
520 |a Generasi saat ini adalah generasi "digital natives" yang sangat dekat dengan teknologi. Guru pada abad ke-21 harus siap untuk menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran, salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah digital interactive science poster menggunakan ThingLink. Untuk meningkatkan kualitas Pendidikan, penguasaan konsep dan kreativitas sangat penting untuk dilibatkan sebagai unsur dari hasil pembelajaran. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari digital interactive science poster menggunakan ThingLink terhadap penguasaan konsep dan kreativitas siswa dalam pembelajaran mengenai obat-obatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experiment dengan desain one group pretest-posttest. Populasi pada penelitian ini adalah satu kelas siswa kelas 8 di sekolah menengah pertama swasta di Bandung Barat. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Convenience Sampling. Jumlah siswa yang terlibat adalah 26 siswa terdiri dari 15 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Hasil menunjukan bahwa penguasaan konsep siswa meningkat sebasar 0.47 dengan kategori sedang. Untuk kreativitas siswa, diperoleh hasil yang berbeda pada setiap dimensinya. Kreativitas siswa pada dimensi novelty adalah 73% yang dikategorikan cukup, dimensi resolution adalah 83% yang dikategorikan baik, dan dimensi elaboration and synthesis adalah 74% yang dikategorikan cukup. Secara keseluruhan, siswa menunjukkan kesan yang baik terhadap penerapan digital interactive science poster menggunakan ThingLink dalam pembelajaran mengenai obat-obatan. Hasil menunjukkan, penerapan digital interactive science poster dengan menggunakan ThingLink secara signifikan mempengaruhi penguasaan konsep dan kreativitas siswa dalam belajar mengenai obat-obatan.;Today's generation is the generation of "digital natives" that very familiar with technology. 21st century teacher should be ready to embrace the technology in learning process, one of the teaching media that can be used is digital interactive science poster using ThingLink. To enhance the quality of education, concept mastery and creativity is very important to be involved as elements of learning outcomes. Thus, this research was aimed to investigate the effect of digital interactive science poster using ThingLink towards students' concept mastery and creativity in learning about drugs. The method which was used in this research is pre-experiment with one group pretest-posttest design. The population in this research was one class of students in 8th grade in Private Junior High School in West Bandung. The sampling technique was Convenience Sampling. The number of participants includes 26 students, consisting 15 females and 11 males. The result shows that the students' concept mastery improved as much as 0.47 which categorized as medium. For students' creativity gained different result in every dimension. Students' creativity for novelty dimension is 73% which categorized as enough, resolution dimension is 83% which categorized as good and elaboration and synthesis is 74% which categorized as enough. Overall, the students show good impression to the implementation of digital interactive science poster using ThingLink in learning about drugs. Based on the result, it significantly affects to students' concept mastery and creativity in learning about drugs. 
546 |a en 
690 |a LB1603 Secondary Education. High schools 
690 |a Q Science (General) 
690 |a RM Therapeutics. Pharmacology 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/40375/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/4375/