EFEKTIVITAS BRAIN GYM UNTUK MENURUNKAN TINGKAT KEJENUHAN BELAJAR SISWA SMP di KOTA BANDUNG

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas brain gym dalam menurunkan kejenuhan belajar siswa SMP Aisyiyah Boarding School Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Desain penelitian menggunakan nonequivalent control group design. Instrumen pada penelitian ini menggu...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Nenden Desi Mulyani Apandi, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-08-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/4383/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03703 am a22003253u 4500
001 repoupi_40383
042 |a dc 
100 1 0 |a Nenden Desi Mulyani Apandi, -  |e author 
245 0 0 |a EFEKTIVITAS BRAIN GYM UNTUK MENURUNKAN TINGKAT KEJENUHAN BELAJAR SISWA SMP di KOTA BANDUNG 
260 |c 2018-08-28. 
500 |a http://repository.upi.edu/40383/1/T_PP_1503308_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40383/2/T_PP_1503308_Tabel_of_Content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40383/3/T_PP_1503308_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40383/4/T_PP_1503308_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40383/5/T_PP_1503308_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40383/6/T_PP_1503308_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40383/7/T_PP_1503308_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40383/8/T_PP_1503308_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40383/9/T_PP_1503308_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40383/10/T_PP_1503308_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas brain gym dalam menurunkan kejenuhan belajar siswa SMP Aisyiyah Boarding School Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Desain penelitian menggunakan nonequivalent control group design. Instrumen pada penelitian ini menggunakan instrumen kejenuhan belajar yang disusun peneliti. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa SMP Aisyiyah Boarding School Bandung pada tahun ajaran 2017/2018, teknik penelitian yang digunakan yaitu purposive sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu 100 orang siswa yang terdiri atas 50 siswa dari kelompok eksperimen dan 50 siswa dari kelompok kontrol. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa Brain Gym berpengaruh untuk menurunkan tingkat kejenuhan belajar siswa Aisyiyah Boarding School Bandung Tahun Pelajaran 2017/2018. Brain gym dapat dilakukan pada awal pembelajaran hanya dengan waktu yang singkat sehingga tidak menggamggu proses pembelajaran, dilakukannya gerakan-gerakan brain gym ini bisa membuat siswa lebih rileks dalam melaksanakan pembelajaran. ..... This study attempts to test the effectiveness of the brain gym in lowering burnout junior high school student learning Aisyiyah Boarding School Bandung .The methodology used is a quasi eksperimrnt. The research uses design nonequivalent control group design. An instrument to research this use of the instruments burnout learning arranged researchers. Population research even all junior high school students Aisyiyah Boarding School Bandung in the academic year 2017 / 2018, research techniques used namely purposive sampling. The sample used in this research about 100 students which is made up of 50 students of a group of experimentation and 50 students of the control group .The results of the testing of hypotheses showed that a method of learning brain gym influential to lower the level of surfeit of students to study Aisyiyah Boarding School Bandung in 2017 / 2018. Brain gym is feasible to be undertaken at the beginning of learning to promote disorder to it is only when you a brief period of time so as not to interrupt the learning process , great suffering he has brought a method of is brain gym this could make a student to lose their more relaxed in carrying out learning to promote disorder to . 
546 |a en 
690 |a BF Psychology 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB1603 Secondary Education. High schools 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/40383/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/4383/