PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENGUATAN KEYAKINAN NILAI PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR : Studi Kuasi Eksperimen Pada Tema 9 Subtema 3 Kelas IV

Penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) mampu mengatasi permasalahan siswa di Sekolah Dasar dalam keterampilan pemecahan masalah dan penguatan keyakinan nilai peduli lingkungan yang masih rendah. Peelitian ini memiliki tujuan: 1) untuk menjelaskan proses pembelajaran kelas y...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Shofiyatun Nurlaili, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/4397/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) mampu mengatasi permasalahan siswa di Sekolah Dasar dalam keterampilan pemecahan masalah dan penguatan keyakinan nilai peduli lingkungan yang masih rendah. Peelitian ini memiliki tujuan: 1) untuk menjelaskan proses pembelajaran kelas yang menerapkan model pembelajaran VCT; 2) untuk menjelaskan proses pembelajaran kelas yang menerapkan model pembelajaran konvensional;3) untuk mengetahui keterampilan pemecahan masalah di kelas eksperimen dan kelas kontrol; 4) untuk mengetahui penguatan keyakinan nilai peduli lingkungan antara kelas yang menerapkan model pembelajaran kelas eksperimen dan kelas kontrol; Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimen dengan non equivalent control group design. Sampel penelitian ini terdiri dari 61 siswa. Siswa kelas eksperimen berjumlah 31 siswa dan kelas kontrol yaitu 30 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes essai, lembar observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) proses pembelajaran dengan model pembelajaran VCT lebih efektif untuk memecahkan masalah dan menguatkan keyakinan nilai peduli lingkungan karena memiliki sintaks yang saling berhubungan; 2)proses pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional kurang efektif untuk memecahkan masalah dan menguatkan keyakinan nilai peduli lingkungan karena tidak memiliki sintaks yang saling berhubungan; 3) tidak terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan terhadap keterampilan pemecahan masalah antara kelas eksperimen dan kontrol; 4) terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan terhadap penguatan keyakinan nilai peduli lingkungan antara kelas eksperimen dan kontrol. Model pembelajaran VCT dapat efektif diterapkan di sekolah dasar dengan syarat guru telah memahami sintaks pembelajaran dengan baik, siswa memiliki pemehaman konsep tentang masalah lingkungan dan adanya alokasi waktu yang memadai untuk pelaksanaan model pembelajaran.;The implementation of the Value Clarification Technique (VCT) learning model is able to overcome the problems of students in elementary schools in problem solving skills and strengthening the belief that the value of environmental care is still low. This study aims: 1) to explain the class learning process that applies the VCT learning model; 2) to explain the class learning process that applies conventional learning models; 3) to find out the problem solving skills in the experimental class and the control class; 4) to find out the reinforcement of the value of environmental care beliefs between classes applying the learning model of the experimental class and the control class; The research design used was a quasi-experimental study with a non equivalent control group design. The research sample consisted of 61 students. The experimental class students totaled 31 students and the control class consisted of 30 students. The research instruments used were essay tests, observation sheets and interviews. The results showed that: 1) the learning process with the VCT learning model was more effective in solving problems and strengthening the beliefs of the value of caring for the environment because it has an interrelated syntax; 2) the learning process with conventional learning models is less effective for solving problems and strengthening the beliefs of the value of caring for the environment because it does not have interconnected syntax; 3) there is no significant difference in the improvement of problem solving skills between the experimental and control classes; 4) there is a significant increase in the improvement of the belief in the value of environmental care between the experimental and control classes. The VCT learning model can be effectively applied in elementary schools provided that the teacher has understood the syntax of learning well, students have an understanding of the concept of environmental problems and there is an adequate allocation of time for the implementation of the learning model.
Item Description:http://repository.upi.edu/40397/1/T_PD_1707961_Tittle.pdf
http://repository.upi.edu/40397/2/T_PD_1707961_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/40397/3/T_PD_1707961_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/40397/6/T_PD_1707961_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/40397/5/T_PD_1707961_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/40397/4/T_PD_1707961_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/40397/7/T_PD_1707961_Appendix.pdf