KONTRIBUSI PEMBELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI DESAIN PERMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK PU NEGERI BANDUNG

Indonesia sebagai negara yang berkembang sangat erat kaitannya dengan pengangguran. Hal ini jika dikaitkan dengan tingkat pendidikannya, khususnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Pengangguran yang terjadi di atas sebenarnya dapat diperkecil dengan mencetak lulusan SMK yang memiliki kemampuan dan ke...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Aziz Kurnia Adi, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-23.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/4399/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04735 am a22002893u 4500
001 repoupi_40399
042 |a dc 
100 1 0 |a Aziz Kurnia Adi, -  |e author 
245 0 0 |a KONTRIBUSI PEMBELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI DESAIN PERMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK PU NEGERI BANDUNG 
260 |c 2019-08-23. 
500 |a http://repository.upi.edu/40399/1/S_TB_1501017_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40399/2/S_TB_1501017_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40399/3/S_TB_1501017_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40399/4/S_TB_1501017_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40399/5/S_TB_1501017_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40399/6/S_TB_1501017_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40399/7/S_TB_1501017_Appendix.pdf 
520 |a Indonesia sebagai negara yang berkembang sangat erat kaitannya dengan pengangguran. Hal ini jika dikaitkan dengan tingkat pendidikannya, khususnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Pengangguran yang terjadi di atas sebenarnya dapat diperkecil dengan mencetak lulusan SMK yang memiliki kemampuan dan keterampilan untuk berwirausaha atau menjadi pengusaha. Pembelajara Produk Kreatif dan Kewirausahaan di SMK sangat erat kaitannya dengan minat berwirausaha siswa. Pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan didesain untuk melatih siswa memliki karakter wirausaha, pelatihan pembuatan produk kreatif, dan pemberian tugas pengalaman langsung berwirausaha. Dengan demikian setelah lulus nanti mereka dapat menjadi wirausaha. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif korelasi. Subjek penelitian adalah siswa Kelas XI DPIB SMK PU Negeri Bandung dengan jumlah sampel 45 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel X (Pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan) berada pada kategori "Cukup Baik" sedangkan pada variavel Y (Minat berwirausaha siswa kelas XI DPIB SMK PU Negeri Bandung) berada pada kategori "sedang". Korelasi antara variabel X terhadap Y berkriteria "cukup kuat". Adanya kontribusi yang signifikan antara pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa SMK PU Negeri Bandung. Diharapkan dalam pelaksanaan pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan perlu ditingkatkan melalui pemberian tugas, bahan ajar yang sesuai dan pelatihan wirausaha dalam dunia nyata agar minat berwirausaha siswa lebih meningkat.;Indonesia as a developing country is very closely related to unemployment. This is if related to the level of education, especially Vocational High Schools (VHS). Unemployment that occurred above can actually be minimized by printing vocational graduates who have the ability and skills to become entrepreneurs or become entrepreneurs. Learning Creative Products and Entrepreneurship in vocational schools is very closely related to student entrepreneurial interest. Creative and entrepreneurial product learning is designed to train students to possess entrepreneurial character, training in making creative products, and assigning hands-on entrepreneurial experience. Thus after graduating they can become entrepreneurs. The research method used in this study is a quantitative method with a descriptive correlation research design. The research subjects were students of Class XI DPIB VOCATIONAL SCHOOL PU Bandung with a sample of 45 people. Data collection techniques using a questionnaire. Based on the results of the study showed that the variable X (Learning creative products and entrepreneurship) is in the category of "Pretty Good" while in variavel Y (Interest in entrepreneurship in class XI DPIB Vocational High School PU Bandung) is in the category of "medium". The correlation between variable X and Y is "quite strong". There is a significant contribution between the learning of creative products and entrepreneurship towards the entrepreneurial interest of students of Vocational High School PU in Bandung. It is expected that in the implementation of learning creative and entrepreneurial products need to be improved through the provision of assignments, appropriate teaching materials and entrepreneurial training in the real world so that students' interest in entrepreneurship is increased. 
546 |a en 
690 |a HF Commerce 
690 |a LB1603 Secondary Education. High schools 
690 |a TH Building construction 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/40399/ 
787 0 |n http://respository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/4399/