RANCANG BANGUN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TAHSIN BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA ALQURAN PADA MATERI MAKHROJ DAN SIFAT HURUF

Membaca alquran dengan tartil adalah perintah Allah dalam alquran, maka setiap muslim diwajibkan untuk bisa membaca alquran dengan tartil. Penelitian ini bertujuan untuk membangun multimedia pembelajaran berbasis android sebagai media belajar peserta pada materi makhroj dan sifat huruf. Metode penge...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Yolanda Shamawati, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-08-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/4433/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Membaca alquran dengan tartil adalah perintah Allah dalam alquran, maka setiap muslim diwajibkan untuk bisa membaca alquran dengan tartil. Penelitian ini bertujuan untuk membangun multimedia pembelajaran berbasis android sebagai media belajar peserta pada materi makhroj dan sifat huruf. Metode pengembangan multimedia yang dilakukan terdiri dari lima tahap, yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap penilaian. Dalam proses pengembangan multimedia, peneliti melakukan tahap uji validasi kepada ahli media dan ahli materi. Multimedia yang telah dibangun diimplementasikan kepada enam belas orang sebagai objek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan multimedia pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan peserta dengan nilai rata-rata gain kategori sedang pada kelas bawah, rendah pada kelas menengah dan kelas atas.;--Reading the Koran with tartil is Allah's command in the Koran, so that every muslim must be able to read the koran with tartil. This research aims to develop multimedia learning based on Android as a learning media for participants in makhroj material and the nature of letters. Multimedia development methods carried out consist of five stages; analysis phase, design phase, development phase, implementation phase, and assessment phase. In the process of multimedia development, researchers conducted a validation test for media experts and material experts. Multimedia that has been built is implemented to sixteen people as the object of research. Based on the results of the study, the use of multimedia learning can improve the skills of participants with an average gain in the lower class is medium, in the middle and upper class is low.
Item Description:http://repository.upi.edu/40433/2/S_KOM_1404918_Title.pdf
http://repository.upi.edu/40433/1/S_KOM_1404918_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/40433/3/S_KOM_1404918_Table_of_Contents.pdf
http://repository.upi.edu/40433/4/S_KOM_1404918_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/40433/5/S_KOM_1404918_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/40433/6/S_KOM_1404918_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/40433/7/S_KOM_1404918_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/40433/8/S_KOM_1404918_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/40433/9/S_KOM_1404918_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/40433/10/S_KOM_1404918_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/40433/11/S_KOM_1404918_Appendix2.pdf