PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HIGH ORDER THINKING SKILLS) SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI DI SMA NEGERI 11 BANDUNG : Studi Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Biologi terhadap Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Bandung

Pembelajaran terlaksana apabila terjadinya interaksi antara siswa, guru dan sumber belajar ruang lingkup suatu lingkungan belajar di kelas. Proses pembelajaran dilakukan dengan berbagai model pembelajaran yang sesuai dengan muatan mata pelajaran untuk dapat menunjang keberhasilan kompetensi hasil be...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Devi Aksa Yuda, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-22.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/4552/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Pembelajaran terlaksana apabila terjadinya interaksi antara siswa, guru dan sumber belajar ruang lingkup suatu lingkungan belajar di kelas. Proses pembelajaran dilakukan dengan berbagai model pembelajaran yang sesuai dengan muatan mata pelajaran untuk dapat menunjang keberhasilan kompetensi hasil belajar siswa atau guru. Berdasarkan studi pendahuluan di SMAN 11 Bandung menunjukkan bahwa pembelajaran yang diterapkan bersifat konvensional, sehingga siswa sulit untuk memahami dan menangkap materi belajar yang disampaikan. Oleh karena itu berbagai cara dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar yang optimal pada siswa, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Advance Organizer. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa antara sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran Advance Organizer pada ranah kognitif aspek menganalisis, aspek mengevaluasi dan aspek mencipta dalam pembelajaran pada mata pelajaran Biologi kelas XI di SMAN 11 Bandung. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode kuasi ekperimen dengan desain penelitian one group time series design. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh kelas XI di SMAN 11 Bandung, dengan sampel penelitian ini yaitu kelas XI IPA 5 di SMAN 11 Bandung. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang signifikan antara sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran Advance Organizer pada ranah kognitif aspek menganalisis, aspek mengavaluasi dan aspek mencipta. Hasil tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran Advance Organizer efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada ranah kognitif dengan materi struktur dan fungsi sel penyusun jaringan pada sistem reproduksi mata pelajaran Biologi kelas XI di SMAN 11 Bandung.;--Learning is carried out when there is interaction between students, teachers, and learning resources in the scope of a learning environment. The processes of learning themselves consist of various models that are in accordance with the subject matter to be able to support the success of learning outcomes competencies. Based on a preliminary study at SMA Negeri 11 Bandung, it shows that the learning models applied are still conventional, so that students find it difficult to understand and capture the learning material presented. In order to achieve high-level thinking skills and optimal learning outcomes for student, therefore, various ways can be used. One of them is by applying the Advanced Organizer learning model. The purpose of this study was to study the improvement on the thinking of high-level students before and after applying the Advance Organizer learning model, in the cognitive domain of aspects of analysis, financial aspects and aspects of creating learning in Biology subjects in class XI at SMA Negeri 11 Bandung. The method used in this study is a quasi-experimental using an one group time series design. The population of this research is the entire class XI at SMA Negeri 11 Bandung, and sample of this research being the class of XI IPA 5 at SMA Negeri 11 Bandung. As a results of this study are about increasing the ability to think highly significantly between before and after applying the Advance Organizer learning model in the cognitive domain of evaluation aspects, evaluating aspects and creating aspects. Which indicates the use of Advanced Organizer learning model was effective in improving students' high-level thinking skills in the cognitive aspect within the topics of structure and function tissue compiler cells in the reproduction system.
Item Description:http://repository.upi.edu/40552/1/S_FIP_1401489_Title.pdf
http://repository.upi.edu/40552/2/S_FIP_1401489_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/40552/3/S_FIP_1401489_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/40552/4/S_FIP_1401489_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/40552/5/S_FIP_1401489_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/40552/6/S_FIP_1401489_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/40552/7/S_FIP_1401489_Appendix.pdf