ANALISIS PEMBELAJARAN REAKSI REDOKS BERBASIS STUDENT-CENTERED LEARNING UNTUK MENUNJUKKAN KECENDERUNGAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui segmen dan hubungan antar segmen pada pembelajaran konsep reaksi redoks, serta mengetahui kecenderungan pembelajaran konsep reaksi redoks berdasarkan hasil Lesson Analysis. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan desain penelitian yang digunak...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Ayu Fitria Andriyani, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-15.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/4561/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05348 am a22002773u 4500
001 repoupi_40561
042 |a dc 
100 1 0 |a Ayu Fitria Andriyani, -  |e author 
245 0 0 |a ANALISIS PEMBELAJARAN REAKSI REDOKS BERBASIS STUDENT-CENTERED LEARNING UNTUK MENUNJUKKAN KECENDERUNGAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA 
260 |c 2019-08-15. 
500 |a http://repository.upi.edu/40561/3/S_KIM_1505026_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40561/1/S_KIM_1505026_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40561/2/S_KIM_1505026_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40561/6/S_KIM_1505026_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40561/5/S_KIM_1505026_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40561/4/S_KIM_1505026_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40561/7/S_KIM_1505026_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui segmen dan hubungan antar segmen pada pembelajaran konsep reaksi redoks, serta mengetahui kecenderungan pembelajaran konsep reaksi redoks berdasarkan hasil Lesson Analysis. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, dokumentasi, dan lembar lesson analysis model TBLA (Transcript Based Lesson Analysis). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan perekaman. Hasil penelitian menunjukkan terdapatnya tujuh segmen dalam pembelajaran konsep reaksi redoks yang telah dilakukan. Segmen pertama menampilkan gambar mobil yang berkarat; segmen kedua memprediksi penyebab mobil berkarat; segmen ketiga mendiskusikan cara menentukan bilangan oksidasi dari suatu unsur, molekul unsur, senyawa, serta senyawa bermuatan; segmen keempat menunjukkan reaksi redoks dari suatu persamaan kimia; segmen kelima berdiskusi menentukan bilangan oksidasi untuk mengidentifikasi reaksi redoks dari suatu persamaan kimia; segmen keenam mendiskusikan komponen pada baterai Alkaline; dan segmen ketujuh mendiskusikan reaksi redoks pada baterai Alkaline. Berdasarkan alur segmen pembelajaran, pembelajaran yang dilakukan ini mempunyai alur yang lurus (tidak bercabang), dari awal hingga akhir pembelajaran yang menandakan pemahaman konsep mengalir secara baik dari awal hingga akhir pembelajaran. Namun dari segmen kedua menuju segmen ketiga terdapat pergeseran alur. Hal tersebut terjadi karena kegiatan pembelajaran pada segmen pertama dan kedua tidak berhubungan dengan segmen ketiga sampai segmen ketujuh. Hal ini dikarenakan keterbatasan waktu, jadi konfirmasi dari kegiatan awal tidak tersampaikan. Oleh karena itu tidak terdapat keterhubungan antara segmen tersebut. Sedangkan dari segmen ketiga sampai segmen ketujuh memiliki alur yang lurus karena segmen tersebut memiliki hubungan yang berurutan. Adapun hasil analisis kecenderungan pembelajaran berdasarkan TBLA (Transcript Based Lesson Analysis) menunjukkan pembelajaran reaksi redoks cenderung berpusat pada guru (teacher centered learning).;--This study aims to determine segment and correlation between learning segment the concept of redox reactions and to know the tendency of learning the concept of redox reactions based on the result of Lesson Analysis. The research method used is qualitative method and descriptive qualitative research design. The research instrument was observation sheets, documentation, and TBLA (Transcript Based Lesson Analysis) model sheets analysis. Data collection techniques used are observation and recording. The result of this research represent seven segment of learning the concept of redox reactions. First segment refer the figure of rusty car; the second segment predicts the cause of rusty car; the third segment discusses how to determine oxidation numbers of an element, molecular element, compounds, and charged compounds; the fourth segment shows the redox reactions of a chemical equation; the fifth segment of discussion determines the oxidation number to identify the redox reactions of a chemical equation; the sixth segment discusses the components of an alkaline battery; and the seventh discusses the redox reactions on alkalines batteries. Based on the learning segment flow, this learning has a straight path (not branching), from the beginning to the end of learning that signifies the understanding of concepts flowing from the beginning to the end of learning. But from the second segment to the third segment there is a shift in the flow. This happens because learning activities in the first and second segments are not related to the third segment to the seventh segment. This was due to time constraints, so confirmation of the initial activity was not conveyed. Therefore there is no connection between these segments. While from the third segment to the seventh segment has a straight path because the segments have a sequential relationship. While the result of analysis of learning trends based on TBLA (Transcript Based Lesson Analysis) indicate the learning of redox reactions tends to teacher centered learning. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a QD Chemistry 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/40561/ 
787 0 |n http://respository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/4561/