METONIMIA DALAM MEREK PRODUK DI LINIMASA INDONESIA : Kajian Semantik Kognitif

Merek memiliki peran sangat penting bagi keberlangsungan suatu produk, karena merek merupakan atribut penting yang digunakan untuk mengomunikasikan produk yang produsen jual kepada konsumen. Kemunculan metonimia memengaruhi kinerja merek dalam mengomunikasikan suatu produk selain itu penggunaan ikla...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Dian Fitria Ramadhani, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/4579/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04463 am a22002773u 4500
001 repoupi_40579
042 |a dc 
100 1 0 |a Dian Fitria Ramadhani, -  |e author 
245 0 0 |a METONIMIA DALAM MEREK PRODUK DI LINIMASA INDONESIA : Kajian Semantik Kognitif 
260 |c 2019-08-19. 
500 |a http://repository.upi.edu/40579/1/S_BSI_1506403_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40579/2/S_BSI_1506403_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40579/3/S_BSI_1506403_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40579/4/S_BSI_1506403_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40579/5/S_BSI_1506403_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40579/6/S_BSI_1506403_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40579/7/S_BSI_1506403_Appendix.pdf 
520 |a Merek memiliki peran sangat penting bagi keberlangsungan suatu produk, karena merek merupakan atribut penting yang digunakan untuk mengomunikasikan produk yang produsen jual kepada konsumen. Kemunculan metonimia memengaruhi kinerja merek dalam mengomunikasikan suatu produk selain itu penggunaan iklan oleh produsen juga tidak berjalan dengan baik karena dalam kognisi masyarakat terdapat merek yang sudah melekat untuk jenis produk tertentu. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu pertama pengumpulan data, kedua analisis data, dan ketiga penyajian data. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah merek yang mengalami metonimia di linimasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) klasifikasi merek yang mengalami metonimia di linimasa Indonesia, (2) penamaan merek yang mengalami metonimia di linimasa Indonesia, (3) representasi makna yang muncul pada metonimia merek produk, dan (4) Skema Imej pada metonimia merek produk di linimasa Indonesia. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk menghasilkan data deskriptif dari objek yang diteliti. Penelitian ini menghasilkan (1) tujuh klasifikasi merek produk yang mengalami metonimia, (2) penamaan pada merek produk yang mengalami metonimia sebesar 78% merupakan penamaan berdasarkan penemu dan pembuat yang tergolong nama pabrik dan merek dagang, 10% berdasarkan bahan, 8% berdasarkan pemendekan, 2% berdasarkan tempat asal, dan 2% berdasarkan peniruan bunyi, (3) representasi makna pada merek yang mengalami metonimia berkaitan dengan jenis produk dan relasi metonimia, (4) skema imej dari metonimia pada merek yang mengalami metonimia memperlihatkan adanya relasi metonimia baru.; The brand has a very important role in the sustainability of a product because the brand is an important attribute used to communicate the products that producers sell to consumers. The emergence of metonymic affects the brand's performance in communicating a product, besides that, the use of advertisements by producers is also not going well because in people's cognition there are brands that are already attached to certain types of products. This research was carried out in three stages: first, data collection, second data analysis, and third data presentation. The data used in this study is brands that experienced metonymic in Indonesian timeline. This study aims to describe (1) the classification of brands that experience metonymic in Indonesian timeline, (2) naming brands that undergo metonymic in Indonesian timeline, (3) the representation of meanings that appear in the product brand metonemistry, and (4) the Image Schema of the product brand metonymy in the timeline Indonesia. Qualitative descriptive methods are used to produce descriptive data from the object under study. This research resulted in (1) seven product brand classifications undergoing metonemistry, (2) naming of product brands experiencing metonemistry of 78% is naming based on the inventor and maker belonging to the factory name and trademark, 10% based on ingredients, 8% based on shortening, 2% based on place of origin, and 2% based on sound imitation, (3) representation of the meaning of the brand that experiences metonymic related to the type of product and the relation of metonymic, (4) the image scheme of metonymy in the brand that experiences metonymic. 
546 |a en 
690 |a HF Commerce 
690 |a PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/40579/ 
787 0 |n http://respository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/4579/