PENGEMBANGAN DAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENGATASI KESULITAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH MATERI DIAGRAM FASA Fe-C

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan yang dihadapi mahasiswa dalam proses pembelajaran pokok-pokok bahasan mata kuliah Material Teknik yang ditunjukan oleh data awal yakni 68.8% mahasiswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran pokok bahasan Diagram Fasa. Studi pendahuluan yang dilakukan p...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Muhamad Faisal Tazul Arifin, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-09-08.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/4599/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04775 am a22002773u 4500
001 repoupi_40599
042 |a dc 
100 1 0 |a Muhamad Faisal Tazul Arifin, -  |e author 
245 0 0 |a PENGEMBANGAN DAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENGATASI KESULITAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH MATERI DIAGRAM FASA Fe-C 
260 |c 2019-09-08. 
500 |a http://repository.upi.edu/40599/6/S_TM_1504511_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40599/1/S_TM_1504511_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40599/2/S_TM_1504511_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40599/3/S_TM_1504511_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40599/4/S_TM_1504511_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40599/5/S_TM_1504511_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40599/7/S_TM_1504511_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan yang dihadapi mahasiswa dalam proses pembelajaran pokok-pokok bahasan mata kuliah Material Teknik yang ditunjukan oleh data awal yakni 68.8% mahasiswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran pokok bahasan Diagram Fasa. Studi pendahuluan yang dilakukan pada 20 orang mahasiswa DPTM angkatan 2018 menunjukkan bahwa pokok kesulitan yang dihadapi adalah materi Diagram Fasa Fe-C adalah pada sub materi menggambar Diagram Fasa dan submateri menghitung jumlah persen fasa. Hal tersebut disebabkan karena media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran Diagram Fasa Fe-C masih kurang memberikan guide pada mahasiswa dalam memahami materi menggambar Diagram Fasa Fe-C dan menghitung jumlah persen fasa pada Diagram Fasa Fe-C. Upaya yang dilakukan mengatasi permasalah tersebut adalah dengan dilakukannya pengembangan dan penggunaan multimedia interaktif berbasis aplikasi android. Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan multimedia adalah metode DBR (design based research) dan metode penelitian yang digunakan dalam penggunaan multimedia adalah penelitian pre-eksperimen. Desain penelitian pare-eksperiment yang digunakan adalah dengan desain penelitian one Group Pretest-Postest Design. Pengujian dilakukan dengan uji terbatas dengan subyek penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah mahasiswa DPTM angkatan 2018 yang sudah menyelesaikan mata kuliah Material Teknik sebanyak 12 orang. Hasil judgment menyatakan bahwa multimedia berbasis Inventor layak digunakan dalam pembelajaran di kelas. Hasil menunjukan bahwa keterampilan generik sains mahasiswa mengalami peningkatan dengan rata-rata N-gain sebesar 0,84 yang termasuk dalam kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan teratasinya kesulitan keterampilan pemecahan masalah materi Diagram Fasa Fe-C.;--This research is motivated by the difficulties faced by students in the learning process of Engineering subject matter which is shown by preliminary data that 68.8% of students have difficulty learning the subject of the Phase Diagram. A preliminary study conducted on 20 Mechanical Engineering students class of 2018. Preliminary study data show that the difficulties faced by mechanical engineering students on the Fe-C Phase Diagram material are in the sub-drawing material Phase Diagram and the sub-material calculates the percentage of phase. That's because the learning media used in studying the Fe-C Phase Diagram still does not provide guidance for students in understanding the drawing material for the Fe-C Phase Diagram and calculates the number of percent phases in the Fe-C Phase Diagram. Efforts are being made to overcome this problem is the development and use of interactive multimedia based on Android applications. The research method used in multimedia development is the DBR (research-based design) method and the research method used in the use of multimedia is pre-experimental research. The pre experimental research design used was the Group Pretest-Posttest Design research design. Tests carried out with limited tests with the research subjects used in this study were DPTM 2018 students who have completed the course of Engineering Materials as many as 12 people. The assessment results state that Inventor-based multimedia is suitable for use in classroom learning. The results showed that the generic science skills of students had increased with an average N-gain of 0.84 which was included in the high category. The results of the study show the difficulty of problem solving skills in the Fe C-Phase Diagram material. 
546 |a en 
690 |a LB2300 Higher Education 
690 |a TJ Mechanical engineering and machinery 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/40599/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/4599/