RANCANG BANGUN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA TUNARUNGU

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif dengan model Problem Based Learning (PBL) berbasis Android untuk siswa tunarungu. Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kekurangan dari anak berkebutuhan khusus tunarungu yang mengalami gangguan pendengaran sehingga mengakib...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Muthia Primayunita, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-08-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/4687/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04445 am a22003013u 4500
001 repoupi_40687
042 |a dc 
100 1 0 |a Muthia Primayunita, -  |e author 
245 0 0 |a RANCANG BANGUN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA TUNARUNGU 
260 |c 2018-08-28. 
500 |a http://repository.upi.edu/40687/1/S_KOM_1406794_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40687/2/S_KOM_1406794_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40687/3/S_KOM_1406794_Table_Of_Content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40687/4/S_KOM_1406794_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40687/5/S_KOM_1406794_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40687/6/S_KOM_1406794_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40687/7/S_KOM_1406794_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40687/8/S_KOM_1406794_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40687/9/S_KOM_1406794_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40687/10/S_KOM_1406794_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif dengan model Problem Based Learning (PBL) berbasis Android untuk siswa tunarungu. Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kekurangan dari anak berkebutuhan khusus tunarungu yang mengalami gangguan pendengaran sehingga mengakibatkan beberapa masalah yaitu masalah dalam pengembangan kemampuan kognitif, berbahasa, berkomunikasi, membaca, perbendaharaan kosakata yang minim, daya ingat yang cukup lemah dan daya abstraksi yang kurang berkembang. Oleh karena itu, dalam merancang multimedia interaktif ini perlu memperhatikan karakteristik anak tunarungu yang didapatkan dari studi literatur. Model yang digunakan dalam pengembangan multimedia ini adalah Siklus Hidup Menyeluruh (SHM) yang dikembangkan oleh Munir. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilakukan di SLB Negeri Cicendo Bandung, SLB-B Tunas Kasih 2 Bogor, dan SLB ABCD Sejahtera Bogor. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 14 siswa kelas VII. Dari hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif siswa tunarungu setelah menggunakan multimedia interaktif. Hal ini dapat dilihat dari hasil N-Gain, terdapat 4 orang siswa yang mendapatkan kategori tinggi, 8 orang siswa mendapatkan kategori sedang dan hanya terdapat 2 orang siswa yang mendapatkan kategori rendah. Respon siswa terhadap multimedia interaktif dinilai positif, hal ini dapat dilihat dari hasil angket yang disebar ke siswa memperoleh rata-rata dari keseluruhan aspek sebesar 86% dan termasuk kedalam kategori sangat baik.;--- The aims for this study is to produce Android based interactive multimedia with Problem Based Learning (PBL) for deaf students. The background of this study is the shortage of children with special needs who have hearing impairment, resulting some problems in developing cognitive ability, speaking, communicating, reading, vocabulary lack, weak memory and less developed abstraction. Therefore, in designing interactive multimedia it is necessary to consider the characteristics of children with hearing impairment obtained from literature studies. The model used in this multimedia development is the Siklus Hidup Menyeluruh (SHM) developed by Munir. Method of this study is Pre-Experimental with One Group Pretest-Posttest Design. This study was conducted at SLB Negeri Cicendo Bandung, SLB-B Tunas Kasih 2 Bogor, and SLB ABCD Sejahtera Bogor. The sample used in this study are 14 students of grade VII. The results of this study indicate that there is an enhancement of deaf student cognitive abilities by using interactive multimedia. This can be seen from the N-Gain results, there are 4 students who get high category, 8 students get medium category and there are only 2 students who get low category. Students' responses to interactive multimedia are considered positive, this can be seen from the questionnaires distributed to students obtaining an average of 86% of all aspects and is included in the excellent category. 
546 |a en 
690 |a QA75 Electronic computers. Computer science 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/40687/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/4687/