PROFIL KECERDASAN MAJEMUK SISWA MELALUI PEMBELAJARAN GUIDEDDISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMA LINGKUNGAN DI TINGKAT SMP

Proses pembelajaran memiliki tujuan menghasilkan siswa yang memiliki kecerdasan yang bermakna dan dinamis. Pembelajaran yang dirancang untuk memunculkan kecerdasan majemuk seyogyanya dapat mewadahi seluruh kecerdasan dan yang akan membuat siswa berlajar lebih bermakna. Penelitian ini bertujuan mengg...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Yuliawaty, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-06-06.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/473/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Proses pembelajaran memiliki tujuan menghasilkan siswa yang memiliki kecerdasan yang bermakna dan dinamis. Pembelajaran yang dirancang untuk memunculkan kecerdasan majemuk seyogyanya dapat mewadahi seluruh kecerdasan dan yang akan membuat siswa berlajar lebih bermakna. Penelitian ini bertujuan menggambarkan profil kecerdasan majemuk siswa melalui model pembelajaran guided discovery learning pada pembelajaran lingkungan di tingkat SMP. Metode penelitian menggunakan eksperimen semu (weak experiment). Penjaringan data dilakukan dengan cara memetakan kecerdasan siswa melalui tes talenta sebelum pembelajaran, dan selama pembelajaran dirancang aktivitas yang mengembangkan kecerdasan mejemuk siswa, dan pada tiap akhir pertemuan dilakukan tes kecerdasan majemuk untuk melihat hasilnya. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrument soal kecerdasan majemuk, soal penguasaan konsep, angket tentang faktor yang mempengaruhi kecerdasan majemuk dan juga lembar observasi untuk melihat keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan, profil kecerdasan yang bervariasi dalam perolehan nilainya, kecerdasan majemuk yang tinggi rerata skornya adalah interpersonal, naturalistic dan verbal-linguistik. Sedangkan hasil penguasaan konsep siswa memperoleh N-Gain sebesar 0,59 yang termasuk ke dalam kategori sedang. Hal ini menunjukkan sebagian besar siswa memahami materi pembelajaran.;-- The learning process objective results in students who have a meaningful and dynamic intelligence. Learning activities designed to elicit multiple intelligences should be able to accommodate all the intelligences and that will make their experience more meaningful. This study aims to describe the profile of multiple students' intelligence through guided discovery learning model in environmental learning at junior high school level. The research method is a weak experiment. Performed by mapping students 'intelligence through talent tests prior to learning, and during learning activities designed to elicit students' intelligence, and at each end of the meeting a multiple intelligence test was conducted to see the results. The research instrument used is the instrument of multiple intelligences, concept mastery, questionnaire about the factors that influence multiple intelligences and also the observation sheet to see the implementation of learning. The results showed, the profile of intelligence that varies in the acquisition value, high compound intelligence average score is interpersonal, naturalistic and verbal-linguistic. While the results of mastery of the concept of students obtain N-Gain of 0.59 which belongs to the middle category. This shows that most students understand the learning materials.
Item Description:http://repository.upi.edu/40703/1/T_BIO_1502560_Title.pdf
http://repository.upi.edu/40703/2/T_BIO_1502560_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/40703/3/T_BIO_1502560_Table_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/40703/4/T_BIO_1502560_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/40703/5/T_BIO_1502560_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/40703/6/T_BIO_1502560_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/40703/7/T_BIO_1502560_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/40703/8/T_BIO_1502560_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/40703/9/T_BIO_1502560_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/40703/10/T_BIO_1502560_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/40703/11/T_BIO_1502560_Appendix2.pdf
http://repository.upi.edu/40703/12/T_BIO_1502560_Appendix3.pdf