RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA DAN BERHITUNG TERHADAP ANAK AUTIS DENGAN METODE ABA DAN PECS

Diagnosis untuk mengetahui media pembelajaran yang disukai oleh anak autis adalah solusi supaya pembelajaran anak autis bisa berjalan dengan lancar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan mengimplementasikan media pembelajaran sebagai alat bagi guru pendidikan khusus untuk mendiagnosi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Veny Mahatmya Paramesti, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-26.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/4719/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Diagnosis untuk mengetahui media pembelajaran yang disukai oleh anak autis adalah solusi supaya pembelajaran anak autis bisa berjalan dengan lancar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan mengimplementasikan media pembelajaran sebagai alat bagi guru pendidikan khusus untuk mendiagnosis media pembelajaran yang disukai oleh anak autis. Dalam merancang media pembelajaran untuk anak autis harus memperhatikan karakteristik multimedia untuk anak autis, metode pembelajaran khusus untuk anak autis, serta alat peraga yang disukai oleh anak autis. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode Applied Behavior Analysis (ABA) dan Picture Exchange Communication System (PECS). Materi yang disajikan adalah materi membaca dan berhitung dengan alat peraga yang digunakan adalah hewan gajah dan buah pisang. Media yang dirancang merupakan media yang terdiri dari 4 jenis media yaitu media audio, video, animasi, dan gambar statis. Untuk mencapai tujuan tersebut maka metode Decide, Design, Develop, and Evaluate (DDD-E) sebagai acuan dalam pembangunan media pembelajaran. Eksperimen dilakukan di SLB Al-Hikmah dengan subjek penelitian sebanyak 3 orang siswa berusia 9 sampai 11 tahun. Kemudian hasil dari eksperimen diolah dan dianalisis berdasarkan metode kualitatif. Hasil menunjukkan bahwa respon dan rata-rata fokus siswa selama menggunakan media sangat baik di media video dan animasi, selain itu anak lebih suka dengan alat peraga buah pisang dibandingkan dengan hewan gajah. Media pembelajaran yang telah dibangun terbukti dapat mendiagnosis media yang disukai anak autis. Ada hal penting yang harus dilakukan sebelum mengimplementasikan media yaitu adanya pengenalan serta bimbingan terhadap media pembelajaran.;--The diagnosis to identify what kind of learning media favored by children with autism is the solution to better facilitate their learning process. The goal of this study is to design and implement learning media as a tool for special education teacher to diagnose what media is best favored by children with autism. Designing media for children with autism requires paying attention to multimedia characteristics for autistic children, learning method for autistic children, and learning props favored by autistic children. Learning methods used in this study are Applied Behavior Analysis (ABA) method and Picture Exchange Communication System (PECS). The lessons presented in the media are reading and counting lessons with figurative elephant and banana as learning props. The designed media consists of four types of media format, that is audio, video, animation, and static picture. In order to reach the goal, DDD-E (Decide, Design, Develop, Evaluate) method is used as a reference in developing the media. The experiment was conducted in Al-Hikmah Special School with subjects of three students between 9 and 11 years old. Subsequently, the outcome is processed and analyzed using qualitative method. The result shows that students demonstrate better response and focus to video and animation media, and that figurative banana prop is better favored over figurative elephants. The developed media proves to be able to diagnose learning media favored by children with autism. Implementation of the media requires preliminary introduction and careful guidance throughout the usage of the media.
Item Description:http://repository.upi.edu/40719/1/S_KOM_1504807_Title.pdf
http://repository.upi.edu/40719/2/S_KOM_1504807_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/40719/3/S_KOM_1504807_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/40719/4/S_KOM_1504807_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/40719/5/S_KOM_1504807_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/40719/6/S_KOM_1504807_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/40719/7/S_KOM_1504807_Appendix.pdf