PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI EKOLOGIS DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN : Studi Pada Sekolah Rintisan Adiwiyata dalam Pembelajaran IPS di Kls IV SDN 178 Gegerkalong KPAD Kota Bandung

Kemampuan literasi ekologis dan sikap peduli lingkungan siswa di sekolah penting untuk ditingkatkan melalui penggunaan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang berorientasi pada pemecahan masalah adalah model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini bertujuan untuk meng...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Erly Herdiantyka, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-09-05.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/4787/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Kemampuan literasi ekologis dan sikap peduli lingkungan siswa di sekolah penting untuk ditingkatkan melalui penggunaan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang berorientasi pada pemecahan masalah adalah model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan literasi ekologis dan sikap peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar rintisan Adiwiyata. Penelitian ini dilakukan di SDN 178 Gegerkalong KPAD Kota Bandung dengan subjek berjumlah 62 orang siswa. Metode penelitian menggunakan mix methode dengan desain "sequential explanatory design". Instrumen penelitian menggunakan tes, angket dan observasi. Analisis data kuantitatif menggunakan statistik, yaitu uji t dengan prasyarat melakukan uji normalitas dan uji homogenitas, serta pengolahan data menggunakan SPSS Versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penggunaan model pembelajaran berbasis masalah (pretest), pemahaman literasi ekologis dan sikap peduli lingkungan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak berbeda secara signifikan. Setelah diberikan perlakuan dengan model pembelajaran berbasis masalah terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan pemahaman literasi ekologis dan sikap peduli lingkungan.Pemahaman literasi ekologis di kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol dengan perolehan peningkatan (N-gain) literasi ekologis siswa sebesar 0,61 yang termasuk ke dalam kategori sedang dan peningkatan (N-gain) sikap peduli lingkungan sebesar 0,35 yang termasuk ke dalam kategori sedang. Sedangkan pada kelas kontrol peningkatan (N-gain) pemahaman literasi ekologis siswa sebesar 0,22 yang termasuk ke dalam kategori rendah dan peningkatan (N-gain) sikap peduli lingkungan sebesar 0,28 yang termasuk ke dalam kategori rendah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman literasi ekologis dan sikap peduli lingkungan siswa sekolah dasar. Model pembelajaran berbasis masalah berimplikasi pada proses pembelajaran yaitu menuntut siswa untuk aktif dalam pembelajaran, mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa, dan meningkatkan motivasi siswa.;--The ability of ecological literacy and the attitude of caring for students' environment in schools is important to be improved through the use of appropriate learning models. One learning model that is oriented to problem solving is a problem based learning model. This study aims to determine the effect of the use of problem-based learning models to improve the ability of ecological literacy and environmental care attitudes in elementary school students Adiwiyata. This research was conducted at SDN 178 Gegerkalong KPAD Bandung with a total of 62 students. The research method uses a mix method with a "sequential explanatory design" design. Research instruments using tests, questionnaires and observations. Quantitative data analysis uses statistics, namely the t test with the prerequisites for conducting normality and homogeneity tests, and processing data using SPSS Version 20. The results showed that before the use of the problem-based learning model (pretest), the understanding of ecological literacy and environmental care attitudes in the experimental class and the control class did not differ significantly. After being treated with a problem-based learning model there are significant differences in the ability to understand ecological literacy and environmental care attitudes. Understanding ecological literacy in the experimental class is better than the control class with the acquisition of an increase (N-gain) ecological literacy of students amounting to 0.61 which is included in the medium category and an increase (N-gain) attitude of caring for the environment by 0.35 which is included in the medium category. Whereas in the control class the increase (N-gain) of students' ecological literacy understanding was 0.22 which was included in the low category and the increase (N-gain) environmental care attitude was 0.28 which was included in the low category. Thus it can be concluded that the problem-based learning model is effective in increasing the ability to understand ecological literacy and environmental care attitudes of elementary school students. The problem based learning model has implications for the learning process, namely requiring students to be active in learning, developing students' critical and creative thinking skills, and increasing student motivation.
Item Description:http://repository.upi.edu/40787/7/T_PD_1707135_Title.pdf
http://repository.upi.edu/40787/1/T_PD_1707135_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/40787/2/T_PD_1707135_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/40787/3/T_PD_1707135_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/40787/4/T_PD_1707135_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/40787/5/T_PD_1707135_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/40787/6/T_PD_1707135_Appendix.pdf