PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS TINGKAT LANJUT DAN KEYAKINAN MATEMATIS MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN BERDASARKAN TEORI VALSINER.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara komprehensif serta menyelidiki perbedaan peningkatan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Lanjut (KBMTL) dan Keyakinan Matematis (KM) mahasiswa calon guru matematika melalui Pembelajaran Berdasarkan Teori Valsiner (PBTV) dan Pembelajaran Konvensiona...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Sri Tirto Madawistama, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-09-10.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/487/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03040 am a22002773u 4500
001 repoupi_40807
042 |a dc 
100 1 0 |a Sri Tirto Madawistama, -  |e author 
245 0 0 |a PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS TINGKAT LANJUT DAN KEYAKINAN MATEMATIS MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN BERDASARKAN TEORI VALSINER. 
260 |c 2019-09-10. 
500 |a http://repository.upi.edu/40807/1/D_MTK_1402242_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40807/2/D_MTK_1402242_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40807/3/D_MTK_1402242_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40807/4/D_MTK_1402242_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40807/5/D_MTK_1402242_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40807/6/D_MTK_1402242_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/40807/7/D_MTK_1402242_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara komprehensif serta menyelidiki perbedaan peningkatan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Lanjut (KBMTL) dan Keyakinan Matematis (KM) mahasiswa calon guru matematika melalui Pembelajaran Berdasarkan Teori Valsiner (PBTV) dan Pembelajaran Konvensional (PK) berdasarkan Kemampuan Awal Matematis (KAM). Metode penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian adalah tes awal dan tes akhir. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa calon guru matematika di Universitas Siliwangi Tasikmalaya dengan subjek sampel adalah mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Teori Peluang pada semester V Tahun Ajaran 2015/2016 yang terdiri dari satu kelas eksperimen dengan menggunakan PBTV dan satu kelas kontrol dengan menggunakan PK. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes dan non tes, berupa Tes Kemampuan Awal Matematis (TKAM) dan Tes Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Lanjut (TKBMTL) sedangkan instrumen jenis nontes adalah skala KM, pedoman observasi aktivitas dosen dan mahasiswa serta pedoman wawancara. Hasil penelitian: (1) terdapat perbedaan peningkatan KBMTL mahasiswa yang menggunakan PBTV dan PK ditinjau dari keseluruhan mahasiswa.(2) terdapat perbedaan peningkatan KBMTL mahasiswa yang menggunakan PBTV dan PK ditinjau dari level KAM atas, bawah dan total, namun untuk KAM tengah tidak terdapat perbedaan. (3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara PBTV dan PK pada level KAM terhadap peningkatan KBMTL mahasiswa. (4) terdapat perbedaan peningkatan KM mahasiswa yang menggunakan PBTV dan PK. (5) terdapat perbedaan peningkatan KM mahasiswa yang menggunakan PBTV dan PK ditinjau dari level KAM kategori atas, tengah, bawah dan total. (6) tidak terdapat pengaruh interaksi antara PBTV dan PK pada level KAM terhadap peningkatan KM mahasiswa. 
546 |a en 
690 |a LB2300 Higher Education 
690 |a QA Mathematics 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/40807/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/487/