LESSON ANALYSIS UNTUK MENGIDENTIFIKASI KETERLIBATAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI

Keterlibatan siswa sangat penting dalam kegiatan pembelajaran karena akan menggambarkan apakah siswa belajar atau tidak. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi mengenai keterlibatan siswa dalam pembelajaran biologi melalui lesson analysis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Devi Karsiti Nur Solihat, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-27.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/4845/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Keterlibatan siswa sangat penting dalam kegiatan pembelajaran karena akan menggambarkan apakah siswa belajar atau tidak. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi mengenai keterlibatan siswa dalam pembelajaran biologi melalui lesson analysis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini melibatkan 32 orang siswa kelas X MIPA 6 di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bandung. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, kuesioner dan wawancara. Data yang diperoleh berupa persentase dari hasil observasi dan persepsi siswa berdasarkan kuesioner keterlibatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan siswa dalam pembelajaran biologi cenderung terlibat baik dalam kategori task-engagement dengan persentase sebesar 59%, sehingga siswa aktif terlibat dalam kegiatan pembelajaran dengan menunjukkan keterlibatannya dalam tugas yang diberikan. Sementara, siswa memiliki persepsi keterlibatan yang positif dengan persentase sebesar 66%, hal ini berarti siswa memiliki penilaian diri yang positif selama pembelajaran. Lesson analysis dapat digunakan sebagai cara untuk merefleksikan proses pembelajaran. ;--Student engagement was important in learning activities because it will describe whether or not students are learning. The aim of this research was obtain information about student engagement in biological learning through a lesson analysis. The approach used in this study is qualitative with a descriptive method. The subject of this study involved 32 students of class X MIPA 6 in one of the state Senior High School in Bandung district. The instruments used are observation sheets, questionnaires and interviews. Data obtained was a percentage of the student's observation and perception results based on student engagement questionnaires. The results showed that students engagement in biological learning tends to be involved in task-engagement categories with 59%, so it mean that students are actively involved in learning activities by showing their participation in discussion of specific tasks. Meanwhile, students had a perception of positive engagement (66%), which means that students had a positive self-report during learning. The Lesson analysis can be used as a way to reflect the learning process.
Item Description:http://repository.upi.edu/40845/6/S_BIO_1500562_Title.pdf
http://repository.upi.edu/40845/1/S_BIO_1500562_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/40845/2/S_BIO_1500562_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/40845/3/S_BIO_1500562_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/40845/4/S_BIO_1500562_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/40845/5/S_BIO_1500562_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/40845/7/S_BIO_1500562_Appendix.pdf