PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENGATASI KESULITAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI DIAGRAM FASA BINER ISOMORPHOUS

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan mahasiswa dalam proses pembelajaran pokok bahasan mata kuliah Material Teknik yang ditunjukan oleh data awal yakni 63% dari 30 orang mahasiswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran pokok bahasan diagram fasa, dari 63% mahasiswa sebesar 50% meng...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Septiyanto Prayogo, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/4858/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan mahasiswa dalam proses pembelajaran pokok bahasan mata kuliah Material Teknik yang ditunjukan oleh data awal yakni 63% dari 30 orang mahasiswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran pokok bahasan diagram fasa, dari 63% mahasiswa sebesar 50% mengalami kesulitan dalam menguasai materi perhitungan. Hal tersebut disebabkan karena sulitnya memahami konsep yang abstrak, komplek dan dinamis, maka dari itu diperlukan media pembelajaran yang tidak hanya dalam tataran teoritis, tetapi sebuah media praktis, ekonomis, dan mudah dijangkau. Upaya memenuhi kriteria ditempuh dengan manipulasi model teoritis menjadi model realistis agar lebih menarik perhatian mahasiswa sehingga mudah diajarkan dalam bentuk multimedia interaktif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk Menghasilkan multimedia interaktif untuk mengatasi kesulitan keterampilan pemecahan masalah dalam penyelesaian soal perhitungan pada materi Diagram Fasa Biner Isomophous. Pengembangan multimedia interaktif ini menggunakan DBR (Design Based Reasearch). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah mahasiswa sebanyak 44 orang. Hasil penelitian menunjukkan multimedia interaktif dapat mengatasi kesulitan keterampilan pemecahan masalah mahasiswa pada materi Diagram Fasa Biner Isomorphous.;--This research is motivated by the difficulty of students in the learning process of the subject of Engineering Materials shown by preliminary data that 63% of 30 students have difficulty in learning the subject of phase diagrams, of 63% of 50% students having difficulty in mastering the calculation material. This is due to the difficulty of understanding abstract, complex and dynamic concepts, therefore learning media are needed that are not only on the theoretical level, but a practical, economical, and easily accessible media. Efforts to meet the criteria are taken by manipulating theoretical models into realistic models to attract more students' attention so that they are easily taught in the form of interactive multimedia. The purpose of this study is to produce interactive multimedia to overcome the difficulty of problem-solving skills in solving calculation problems on Isomorphous Binary Phase Diagrams. This interactive multimedia development uses DBR (Design-Based Research). The research method used is experimental. The experimental research design used was One Group Pretest-Posttest Design. The sample used in this study was 44 students. The results showed interactive multimedia can overcome the difficulties of students' problem-solving skills in Isomorphous Binary Phase Diagram material.
Item Description:http://repository.upi.edu/40858/1/S_TM_1405380_Title.pdf
http://repository.upi.edu/40858/2/S_TM_1405380_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/40858/3/S_TM_1405380_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/40858/4/S_TM_1405380_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/40858/5/S_TM_1405380_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/40858/6/S_TM_1405380_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/40858/7/S_TM_1405380_Appendix.pdf