PROFIL KONSISTENSI REPRESENTASI DAN KOHERENSI PEMAHAMAN SISWA SMA NEGERI DI KOTA BANDUNG DALAM PENGUASAAN KONSEP GERAK LURUS

Penelitian ini menunjukkan profil konsistensi representasi dan koherensi siswa SMA Negeri di Kota Bandung dalam penguasaan konsep gerak lurus. Informasi mengenai konsistensi representasi sudah banyak diketahui, tetapi informasi mengenai koherensi masih belum banyak diketahui. Konsistensi representas...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Salsa Billa Putri Yuningsih, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/4994/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini menunjukkan profil konsistensi representasi dan koherensi siswa SMA Negeri di Kota Bandung dalam penguasaan konsep gerak lurus. Informasi mengenai konsistensi representasi sudah banyak diketahui, tetapi informasi mengenai koherensi masih belum banyak diketahui. Konsistensi representasi, konsistensi ilmiah dan koherensi representasi siswa berkaitan dengan pemahaman konsep dan kemampuan siswa dalam menggunakan soal multi representasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Dari 150 orang siswa yang menjadi sampel penelitian, ditemukan bahwa jumlah siswa untuk kategori konsistensi representasi 47.33% konsisten, 44.67% cukup konsisten dan 8% tidak konsisten. Untuk kategori konsistensi ilmiah 27.34% konsisten, 39.33% cukup konsisten dan 33.33% tidak konsisten.Sedangkan untuk kategori koherensi representasi dengan kategorinya tertinggi yaitu 72.5% dan koherensi representasi teredah yaitu 54.5%. Hasil ini menunjukkan bahwa meskipun sudah memiliki kemampuan dalam menggunakan multi representasi, beberapa siswa masih belum memiliki pemahaman yang sama di setiap sekolah pada materi yang sama.;--This study shows the profile of representational consistency, scientific consistency and conceptual representational state high school students' in Bandung on mastering the concept of Linear motion. Information about the representational consistency is well known, but information about the conceptual representational is unknown. Representational consistency, scientific consistency and conceptual representational related with understanding the concepts and the student's ability to use multi representations. This research is a descriptive research. The method used is a survey method. From 150 samples of the research, it found that for representational consistency category 47.33% are consistent, 44.67% are moderately consisten and 8% are inconsistent. Scientific consistency category 27.34% are consistent, 39.33% are moderately consisten and 33.33% are inconsistent. As for the category of coherence of representation, the highest category was 72.5% and the coherence of representation was 54.5%. These results indicate that although it already has the ability to use multiple representations, some students still do not have the same understanding in every school for the same material.
Item Description:http://repository.upi.edu/40994/1/S_Fis_1506484_Title.pdf
http://repository.upi.edu/40994/2/S_Fis_1506484_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/40994/3/S_Fis_1506484_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/40994/4/S_Fis_1506484_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/40994/5/S_Fis_1506484_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/40994/6/S_Fis_1506484_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/40994/7/S_Fis_1506484_Appendix.pdf