EKSPLORASI PERILAKU SISWA DAN PERFORMANCE GURU DALAM PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI BANDUNG

Seseorang yang mempelajari suatu konsep akan mengalami pemahaman sebagai hasil belajar yang ditunjukkan dengan adanya perubahan perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi sejumlah perilaku siswa dalam pemahaman konsep matematika dari tiga sekolah yang berbeda di Bandung. Penelitian ini...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Iwan Gunawan, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-09-02.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/412/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 06752 am a22002773u 4500
001 repoupi_41020
042 |a dc 
100 1 0 |a Iwan Gunawan, -  |e author 
245 0 0 |a EKSPLORASI PERILAKU SISWA DAN PERFORMANCE GURU DALAM PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI BANDUNG 
260 |c 2019-09-02. 
500 |a http://repository.upi.edu/41020/7/D_MTK_1503206_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41020/2/D_MTK_1503206_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41020/3/D_MTK_1503206_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41020/4/D_MTK_1503206_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41020/5/D_MTK_1503206_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41020/6/D_MTK_1503206_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41020/1/D_MTK_1503206_Appendix.pdf 
520 |a Seseorang yang mempelajari suatu konsep akan mengalami pemahaman sebagai hasil belajar yang ditunjukkan dengan adanya perubahan perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi sejumlah perilaku siswa dalam pemahaman konsep matematika dari tiga sekolah yang berbeda di Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan Grounded Theory Design. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara yang berdasar pada soal pemahaman konsep matematika. Proses wawancara dilakukan dengan menggali persepsi partisipan untuk memunculkan perilaku pemahaman konsep matematika setelah diberikan soal. Hasil penelitian ditemukan (1) siswa yang tidak memanfaatkan pengetahuan sebelumnya dalam menyelesaikan masalah, tidak dapat merepresentasikan dari sudut pandang yang berbeda, tidak dapat menerjemahkan konsep dalam bahasa verbal ataupun tulisan, tidak dapat menggunakan prosedur dengan terampil, tidak dapat mengaitkan suatu konsep dengan konsep yang lain, berpikir metakognitif tidak tampak baik pada komunikasi tulisan maupun lisan, tidak yakin dengan konsep yang dipahaminya, dan cepat dalam merespon pertanyaaan dengan jawaban salah selanjutnya disebut cenderung berperilaku tidak relasionalis; (2) siswa yang ada usaha memanfaatkan pengetahuan sebelumnya, terdapat kesalahan dalam merepresentasikan sebuah konsep dari sudut pandang yang berbeda, terdapat kesalahan dalam menerjemahkan suatu konsep dalam bahasa verbal ataupun tulisan, terdapat kesalahan dalam memprediksi kecenderungan pola tertentu, terdapat kekeliruan dalam menggunakan prosedur, terdapat kesalahan dalam mengaitkan suatu konsep dengan konsep yang lain, berpikir metakognitif tampak hanya secara verbal, dapat menyelesaikan dengan yakin sebagian dari soal, dan lambat dalam menjawab pertanyaan dengan jawaban benar selanjutnya disebut cenderung berperilaku semirelasionalis; dan (3) siswa dapat memanfaatkan pengetahuan sebelumnya, dapat merepresentasikan suatu konsep dengan benar dari sudut pandang yang berbeda, dapat menerjemahkan suatu konsep dalam bahasa verbal ataupun tulisan, dapat memprediksi kecenderungan pola tertentu, dapat menggunakan prosedur dengan terampil, dapat mengaitkan suatu konsep dengan konsep yang lain, berpikir metakognitif tampak jelas dalam respon tertulis dan verbal, yakin dapat menyelesaikan seluruh soal yang diberikan, dan cepat serta tepat dalam merespon pertanyaan dengan jawaban benar, selanjutnya disebut cenderung berperilaku relasionalis. Ditemukan pula tiga kategori performance guru yang berkaitan dengan perilaku siswa dalam pemahaman konsep matematika, yaitu kurang baik, baik dan sangat baik. Performance guru yang cenderung baik mampu membantu perkembangan perilaku siswa yang cenderung tidak relasionalis dan semi relasionalis, performance guru yang cenderung sangat baik mampu membantu perkembangan perilaku siswa semirelasionalis dan relasionalis.;--Someone who studies a concept will experience understanding as a result of learning as indicated by a change in behavior. This study aims to explore a number of student behaviors in mathematical concepts understanding from three different high schools in Bandung. This research is a qualitative research with a Grounded Theory Design approach. Data collection is done by interviews based on a matter of mathematical concepts understanding. The interview process is done by exploring the participants' perceptions to bring up the behavior of mathematical concepts understanding after being given a problem. The results of the study found that (1) students who did not utilize prior knowledge in solving problems, could not represent from different points of view, could not translate concepts in verbal or written language, could not use procedures in a good way, could not associate a concept with other concepts, metacognitive thinking does not look good in written and oral communication, are uncertain of the concepts they have understood, and are quick in responding to questions with wrong answers, which are referred to as non-relationalist behavior; (2) in students who have an effort to use prior knowledge, there is an error in representing a concept from a different perspective, there is an error in translating a concept in verbal or written language, there is an error in predicting the tendency of certain patterns, there is a mistake in using procedures, there is an error in associating a concept with other concepts, metacognitive thinking appears only in verbal, can certainly resolve some of the questions, and are slow in answering questions with correct answers, which finally referred to tend to behave semirelationalist; and (3) students who can utilize prior knowledge, can represent a concept correctly from different points of view, can translate a concept in verbal or written language, can predict certain pattern tendencies, can use procedures in a good way, can associate a concept with other concepts, metacognitive thinking is proven in written and verbal responses, can solve all the questions given with confidence, and quickly and precisely responding to questions with correct answers so that they are said to tend to behave relationalist. There are also found three categories of teacher performance related to student behavior in mathematical concepts understanding, which are not good, good and very good. Teacher performance that tends to be good is able to develop student behavior that tends to be non-relationalist and semi-relationalist, and teacher performance that tends to very good is able to develop student behavior that tends to be semi-relationalist and relationalist. 
546 |a en 
690 |a LB1603 Secondary Education. High schools 
690 |a QA Mathematics 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/41020/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/412/