ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN KALIMAT IMPERATIF PADA SISWA KELAS XII DI SMA NEGERI 3 CIMAHI

Seseorang yang baru mempelajari sebuah bahasa, mempunyai karakteristik yaitu ditemuinya interferensi bahasa ibu dalam bahasa sasaran. Hal ini dibuktikan seringkalinya ditemukan kesalahan dalam pembentukan bahasa sasaran, khususnya dalam keterampilan produktif yaitu, keterampilan berbicara dan ketera...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Timtania Lasyana Graceli, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/41157/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02347 am a22002773u 4500
001 repoupi_41157
042 |a dc 
100 1 0 |a Timtania Lasyana Graceli, -  |e author 
245 0 0 |a ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN KALIMAT IMPERATIF PADA SISWA KELAS XII DI SMA NEGERI 3 CIMAHI 
260 |c 2019-08-29. 
500 |a http://repository.upi.edu/41157/1/S_PRS_1504008_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41157/2/S_PRS_1504008_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41157/3/S_PRS_1504008_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41157/4/S_PRS_1504008_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41157/5/S_PRS_1504008_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41157/6/S_PRS_1504008_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41157/7/S_PRS_1504008_Appendix.pdf 
520 |a Seseorang yang baru mempelajari sebuah bahasa, mempunyai karakteristik yaitu ditemuinya interferensi bahasa ibu dalam bahasa sasaran. Hal ini dibuktikan seringkalinya ditemukan kesalahan dalam pembentukan bahasa sasaran, khususnya dalam keterampilan produktif yaitu, keterampilan berbicara dan keterampilan menulis. Dalam pembelajaran bahasa, mengetahui kesalahan merupakan hal yang penting, karena dapat merangsang pembelajar untuk mencari strategi untuk meminimalisir kesalahan. Penelitian ini berfokus pada analisis kesalahan berbahasa yang dilakukan oleh dari 37 murid kelas XII di SMA Negeri 3 Cimahi pembelajar bahasa Perancis sebagai bahasa asing dalam menulis kalimat imperatif bahasa Perancis. Hasil penelitian menunjukkan jumlah kesalahan pada kalimat imperatif bahasa Perancis sebanyak 197 kalimat mengandung 4 jenis kesalahan yakni, (1) kesalahan penghilangan (omission) 16,39%; (2) kesalahan penambahan (addition) 49,16%; (3) kesalahan pemilihan (selection) 7,98%, dan (4) kesalahan urutan (ordering) 26,47%. Dari hasil penelitian ini, dapat diambil kesimpulan bahwa siswa kelas XII di SMA Negeri 3 Cimahi sering melakukan kesalahan urutan (ordering) dalam membuat kalimat imperatif bahasa Perancis. 
546 |a en 
690 |a LB1603 Secondary Education. High schools 
690 |a PC Romance languages 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/41157/ 
787 0 |n http://respository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/41157/