PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN SPERMATOPHYTA

Kegiatan pembelajaran yang berpusat pada guru merupakan salah satu penyebab kurangnya penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis. Penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis sangat diperlukan dalam menghadapi tantangan abad 21. Pembelajaran Spermatophyta dinilai membosankan bagi siswa...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Eva Faozia Rahmi, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-30.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/41158/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04043 am a22002773u 4500
001 repoupi_41158
042 |a dc 
100 1 0 |a Eva Faozia Rahmi, -  |e author 
245 0 0 |a PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN SPERMATOPHYTA 
260 |c 2019-08-30. 
500 |a http://repository.upi.edu/41158/7/T_BIO_1706436_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41158/2/T_BIO_1706436_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41158/3/T_BIO_1706436_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41158/4/T_BIO_1706436_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41158/5/T_BIO_1706436_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41158/6/T_BIO_1706436_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41158/1/T_BIO_1706436_Appendiks.pdf 
520 |a Kegiatan pembelajaran yang berpusat pada guru merupakan salah satu penyebab kurangnya penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis. Penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis sangat diperlukan dalam menghadapi tantangan abad 21. Pembelajaran Spermatophyta dinilai membosankan bagi siswa sehingga diperlukan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut diantaranya dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas termodifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas termodifikasi dalam meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada pembelajaran Spermatophyta. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan kelas eksperimen I menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing, eksperimen II menerapkan model pembelajaran inkuiri bebas termodifikasi dan kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian dilaksanakan pada siswa SMA kelas X MIPA di SMAN 1 Garut tahun ajaran 2018/2019. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, soal pretest-posttest, LKS dan angket tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan penguasaan konsep tertinggi terjadi pada kelas inkuiri bebas termodifikasi dan peningkatan keterampilan berpikir kritis tertinggi terjadi pada kelas inkuiri terbimbing. Siswa merespon positif terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas termodifikasi.;--Teacher centered learning activities are one of the causes of the lack of concept mastery and critical thinking skills. Concept mastery and critical thinking skill are very important to be optimally improved. Spermatophyte subject is considered boring for students so that solutions are needed to overcome these problems including using guided inquiry learning model and modified free inquiry. The purpose of the study is to apply the guided inquiry learning model and modified free inquiry in improving the concept mastery and critical thinking skill on high school students in Spermatophyte subject learning. The research method used the quasi-experimental method with the experimental class I applying the guided inquiry learning model; experiment II applied the modified free inquiry learning model and control using conventional learning. The research conducted on the first grader of SMAN 1 Garut, 2018/2019. The instruments used are observation sheets, posttest and pretest, practice book, and students feedback questionnaire. The results showed that the highest improvement in concept mastery occurred in the modified free inquiry class and the highest improvement in critical thinking skill occurred in the guided inquiry class. Students respond positively to the application of the guided inquiry learning model and modified free inquiry. 
546 |a en 
690 |a LB1603 Secondary Education. High schools 
690 |a QH301 Biology 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/41158/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/41158/