Pengembangan Media Pembelajaran Gonrang Sipitu-Pitu di SMK Negeri Seni dan Budaya Pematang Raya Kabupaten Simalungun

Musik tradisonal Simalungun pada umumnya diajarkan secara oral sehingga kurang menarik generasi muda pada era global ini. Dampaknya, ada beberapa musik tradisonal Simalungun hampir mengalami kepunahan termasuk alat musiknya seperti alat musik arbab, satalasak, dan gonrang sipitu-pitu. Kehadiran medi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Rosenta Girsang, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-06.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/41223/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02705 am a22002773u 4500
001 repoupi_41223
042 |a dc 
100 1 0 |a Rosenta Girsang, -  |e author 
245 0 0 |a Pengembangan Media Pembelajaran Gonrang Sipitu-Pitu di SMK Negeri Seni dan Budaya Pematang Raya Kabupaten Simalungun 
260 |c 2019-08-06. 
500 |a http://repository.upi.edu/41223/7/T_P.SENI_1707988_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41223/1/T_P.SENI_1707988_CHAPTER%20I.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41223/2/T_PSN_1707988_CHAPTER%202.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41223/3/T_PSN_1707988_CHAPTER%203.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41223/4/T_PSN_1707988_CHAPTER%204.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41223/5/T_PSN_1707988_CHAPTER%205.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41223/6/T_P.SENI_1707988_APPENDIX.pdf 
520 |a Musik tradisonal Simalungun pada umumnya diajarkan secara oral sehingga kurang menarik generasi muda pada era global ini. Dampaknya, ada beberapa musik tradisonal Simalungun hampir mengalami kepunahan termasuk alat musiknya seperti alat musik arbab, satalasak, dan gonrang sipitu-pitu. Kehadiran media pembelajaran dalam kesenian tradisional adalah salah satu jawaban dalam mewujudkan sebuah generasi muda yang bukan hanya mengenal gonrang sipitu-pitu tapi juga dapat mempelajari dengan mandiri melalui video pembelajaran ini. Desain video pembelajaran dirancang sesuai tujuan pembelajaran siswa/i SMK Negeri Seni dan Budaya Raya. Dalam pengembangan video ini penulis melakukan kajian yang mendalam namun tetap disederhanakan sesuai kebutuhan dan bahasa yang dimengerti oleh siswa SMK. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian adalah DBR (Design Based Research). Hasil penelitian menemukan bahwa video ini merupakan produk yang melalui proses yang memakan waktu yang panjang yaitu melakukan pengkajian, menulis narasi, mendesain visual, proses editing video setelah jadi produk juga diberi saran dan tanggapan dari pengguna (siswa) dan ahli media. Terakhir video diperbaiki sesuai saran pengguna, kemudian tahap akhir ditayangkan dihadapan para siswa di sekolah. Melihat hasil implementasi, pengembangan video pada tahap akhir ini berdampak positif sehingga berhasil menarik perhatian siswa dan temuan ini menunjukan bahwa video pembelajaran ini layak diaplikasi dalam pembelajaran gonrang sipitu-pitu di sekolah. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a N Visual arts (General) For photography, see TR 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/41223/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/41223/