RESEPSI SISWA TENTANG NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM BUKU CERITA ULOS KASIH SAYANG KARYA EVI R. LUBIS

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku amoral di kalangan pelajar Indonesia karena identitas dan nilai-nilai budayanya yang telah hilang. Banyak pakar menilai akar masalah konflik ialah kemajemukan masyarakat, atau adanya dominasi budaya masyarakat yang memiliki potensi tinggi dalam kehidupan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Sita Meireta Putri, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-30.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/41286/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku amoral di kalangan pelajar Indonesia karena identitas dan nilai-nilai budayanya yang telah hilang. Banyak pakar menilai akar masalah konflik ialah kemajemukan masyarakat, atau adanya dominasi budaya masyarakat yang memiliki potensi tinggi dalam kehidupan. Pendidikan multikultural hadir sebagai solusi proses penanaman cara hidup menghormati, tulus menghargai, dan toleran terhadap keragaman budaya yang hidup ditengah masyarakat yang majemuk. Anak menjadi sasaran yang paling penting dalam penanaman pendidikan multikultural. Sastra anak hadir sebagai media pendidikan dan hiburan, membentuk kepribadian, serta menuntun kecerdasan emosi dan penanaman nilai kepada anak. Terdapat buku cerita anak yang menarik untuk diapresiasi sekaligus mengadung nilai yang bisa djadikan sebagai alat pendidikan karakter anak. Buku tersebut merupakan salah satu Seri Pengenalan Budaya Nusantara yang berjudul Ulos Kasih Sayang karya Evi R. Lubis. Maka dari itu, penelitian ini ingin mengetahui resepsi siswa khususnya siswa kelas 6 SDN Babakan Tarogong tentang nilai-nilai pendidikan multikultural yang terdapat di dalam buku tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis deskriptif. pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, analisis, dan telaah pustaka. Analisis struktural yang mengacu pada teori Stanton dilakukan untuk mengupas nilai yang terkandung dalam cerita. Selanjutnya untuk mengetahui resepsi siswa, peneliti menggunakan pendekatan resepsi sastra berbantuan strategi respon pembaca dengan pengumpulan data berupa wawancara. Peneliti menemukan nilai-nilai pendidikan multikultural. Nilai-nilai yang muncul yakni, ajaran cinta tanah air, saling menghormati dan menghargai, penuh rasa ingin tahu, demokrasi, berbaik sangka, kesetaraan dan keberagaman. Oleh karena itu buku cerita Ulos Kasih Sayang sangat cocok sebagai buku pengayaan pendidikan karakter di sekolah dasar.;--This research is motivated by immoral behavior among Indonesia students due to their lost cultural identities and values. Many experts assess the root of the problem of conflict is the diversity of the community or the existence of the dominance of the cultural community that has high potential in life. Multicultural education exists as a solution to the process of planting a way of life respecting, sincerely appreciating, and tolerant of the diversity of cultures that live in a pluralistic society. Children are the most important targets in the cultivation of multicultural education. Children's literature exists as a medium of education and entertainment, shapes personalities, and guides emotional intelligence and instill values to children. There is an interesting children's storybook to be appreciated as well as containing the values that can be used as a tool for children's character education. The book is one of the Archipelago Cultural Introduction Series entitled Ulos Kasih Sayang by Evi R. Lubis. Therefore, this research wants to know the reception of students, especially the 6th-grade students of SDN Babakan Tarogong about the values of multicultural education contained in the book. This research uses descriptive analysis research method. Data collection is done through interviews, analysis, and literature review. Structural analysis that refers to Robert Stanton's theory is carried out to explore the values contained in the story. Furthermore, to find out the reception of students the researchers used a literary reception approach assisted by reader response strategies by collecting data in the form of interviews. Researchers find the values of multicultural education. Values that emerge include the teachings of loving the motherland, mutual respect and appreciation, curiosity, democracy, good thinking, equality, and diversity. Therefore, the Ulos Kasih Sayang storybook is very suitable to be used as a non-text character education book in elementaryschools.
Item Description:http://repository.upi.edu/41286/1/S_IND_1501660_Title.pdf
http://repository.upi.edu/41286/2/S_IND_1501660_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/41286/3/S_IND_1501660_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/41286/4/S_IND_1501660_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/41286/5/S_IND_1501660_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/41286/6/S_IND_1501660_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/41286/7/S_IND_1501660_Appendix.pdf