PENERAPAN MODEL OLAH SUKMA BERBANTUAN MEDIA ELEMEN ALAM DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI : Penelitian Eksperimen Kuasi Terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Lembang Tahun Ajaran 2018/2019

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menulis teks puisi dengan menggunakan model olah sukma berbantuan media elemen alam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Muhammad Rizal Fadillah, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-09-12.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/41288/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menulis teks puisi dengan menggunakan model olah sukma berbantuan media elemen alam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Lembang. Terdapat dua kelas yang diguanakan dalam penelitian ini yaitu kelas ekperimen dan kelas kontrol. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini yaitu (1) uji reliabilitas antar penimbang, (2) uji normalitas, (3) uji homogenitas, dan (4) uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis hipotesis nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,000. Nilai tersebut kurang dari 0,05 (0,000<0,05). Dari nilai sig yang didapat, terlihat perbedaan yang signifikan antara hasil kemampuan menulis puisi pada kelas ekperimen dengan menggunakan model olah sukma berbantuan media elemen alam dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil nilai di kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Rata-rata nilai peserta didik di kelas eksperimen saat prates yaitu, 67. Sedangkan nilai rata-rata dari kelas kontrol pada saat prates yaitu, 67. Hasil nilai rata-rata kelas ekpesimen pada saat pascates yaitu, 81. Sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol yaitu, 75. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model olah sukma berbantuan media elemen alam efektif dalam pembelajaran menulis puisi.;-- This study aims to determine the ability of students in writing poetry texts by using models of soul-assisted media assisted by natural elements. The research method used in this study is a quasi experiment. The subjects of this study were students of class VIII of SMP Negeri 2 Lembang. There are two classes used in this study, namely the experimental class and the control class. The techniques used to analyze the data in this study are (1) reliability test between weighers, (2) normality test, (3) homogeneity test, and (4) hypothesis test. Based on the results of the hypothesis analysis the significance value obtained is 0,000. This value is less than 0.05 (0,000 < 0.05). From the sig value obtained, it is seen that there is a significant difference between the results of the ability to write poetry in the experimental class by using a model of soul-assisted media assisted by natural elements and a control class using conventional learning models. The value in the experimental class is higher than the control class. The average value of students in the experimental class when pre-test is, 67. While the average value of the control class at the time of pre-test is, 67. The average value of the experimental class at the time of post-test is, 81. While the average value at control class that is, 75. This proves that the use of a model of soul-assisted media assisted by the natural element is effective in learning to write poetry.
Item Description:http://repository.upi.edu/41288/1/S_IND_1505608_Title.pdf
http://repository.upi.edu/41288/2/S_IND_1505608_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/41288/3/S_IND_1505608_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/41288/4/S_IND_1505608_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/41288/5/S_IND_1505608_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/41288/6/S_IND_1505608_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/41288/7/S_IND_1505608_Appendix.pdf