PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME KINERJA GURU : Studi Kasus Pada SMA Negeri 19 Bandung

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme kinerja guru, karena kepala Sekolah sebagai pemimpin sangat berpengaruh dalam menentukan kemajuan sekolah. Kepala sekolah masih belum memenuhi pencapaian yang di harapkan, karena g...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Evi Yulianti, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-26.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/4138/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04113 am a22002893u 4500
001 repoupi_41308
042 |a dc 
100 1 0 |a Evi Yulianti, -  |e author 
245 0 0 |a PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME KINERJA GURU : Studi Kasus Pada SMA Negeri 19 Bandung 
260 |c 2019-08-26. 
500 |a http://repository.upi.edu/41308/6/S_PPB_1501993_Titlle.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41308/1/S_PPB_1501993_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41308/2/S_PPB_1501993_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41308/3/S_PPB_1501993_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41308/4/S_PPB_1501993_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41308/5/S_PPB_1501993_Chapter%205.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41308/7/S_PPB_1501993_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme kinerja guru, karena kepala Sekolah sebagai pemimpin sangat berpengaruh dalam menentukan kemajuan sekolah. Kepala sekolah masih belum memenuhi pencapaian yang di harapkan, karena gaya kepemimpinan kepala sekolah belum diterapkan secara baik dan semestinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Hasil penelitian menyatakan bahwa 1) gambaran gaya kepemimpinan dapat dilihat dari peran kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme kinerja guru sebagai manajer, memberian penghargaan, motivator, dan educator. 2) strategi kepala sekolah menyrankan agar guru mampu memiliki 4 aspek kompetensi, yaitu kompetensi pedagogic, sosial, kepribadian, dan profesional 3) hambatan yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme kinerja guru, yaitu disiplin kerja kurang, karena banyak guru yang kurang disiplin sehingga banyak terlambat datang, membiarkan kelas kosong tanpa memberikan tugas, dan tidak semua guru memiliki motivasi yang sama dalam meningkatkan profesionalismenya. Upaya kepala sekolah dalam mengatasi hambatan tersebut yaitu mendorong kinerja para guru. Selain gurunya sendiri yang berusaha meningkatkan kualitas kinerjanya, pihak sekolah juga berusaha mengupayakan pemberdayaan guru agar memiliki kinerja yang baik, dan p kepemimpinan situasional, demokrasi, dan oktokratis. Gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah ialah seperti memahami sittuasi kerja. Untuk gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah ialah menganggap bahwa dirinya menganggap bagian dari kelompoknya, rofesional dalam menjalankan tugasnya.;--This research is motivated by the important role of the principal's leadership in the professionalism of performance. The principal as a leader is very influential in determining the progress of the school. But in reality the headmaster still has not met the achievements in, because the principal's leadership style has not been applied properly and properly. This research uses a qualitative approach and case study method. The results showed that the role of the principal in improving the professionalism of teacher performance as a manager, giving awards, motivators, and educators. The obstacles faced by school principals in increasing the professionalism of teacher performance, namely lack of work discipline, because many teachers lack discipline so many come late, leaving classes empty without giving assignments, and not all teachers have the same motivation in increasing their professionalism. The principal's effort to overcome these obstacles is to encourage teacher performance. In addition to the teacher himself who is trying to improve the quality of his performance, the school is also trying to empower teachers to have good performance, and be professional in carrying out their duties. 
546 |a en 
690 |a HM Sociology 
690 |a LB Theory and practice of education 
690 |a LB1603 Secondary Education. High schools 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/41308/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/4138/