PENGGUNAAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN INSTALASI PLC SEBAGAI PENGENDALI SISTEM OTOMASI INDUSTRI TERHADAP SISWA SMKN 1 CIMAHI

Respon dan tindakan siswa dalam pembelajaran instalasi PLC di SMK perlu ditingkatkan, hal ini berkaitan dengan akselerasi dalam pencapaian tingkat kompetensi pembelajaran yang telah dirancang. Dalam hal pembelajaran PLC selama ini belum ada model dan desain media pembelajaran alternatif yang memadai...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Febrian Aditya Ramadhan, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-30.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/41351/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04136 am a22002773u 4500
001 repoupi_41351
042 |a dc 
100 1 0 |a Febrian Aditya Ramadhan, -  |e author 
245 0 0 |a PENGGUNAAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN INSTALASI PLC SEBAGAI PENGENDALI SISTEM OTOMASI INDUSTRI TERHADAP SISWA SMKN 1 CIMAHI 
260 |c 2019-08-30. 
500 |a http://repository.upi.edu/41351/1/S_TE_1301883_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41351/2/S_TE_1301883_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41351/3/S_TE_1301883_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41351/4/S_TE_1301883_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41351/5/S_TE_1301883_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41351/6/S_TE_1301883_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41351/7/S_TE_1301883_Appendix.pdf 
520 |a Respon dan tindakan siswa dalam pembelajaran instalasi PLC di SMK perlu ditingkatkan, hal ini berkaitan dengan akselerasi dalam pencapaian tingkat kompetensi pembelajaran yang telah dirancang. Dalam hal pembelajaran PLC selama ini belum ada model dan desain media pembelajaran alternatif yang memadai. Maka dalam penelitian ini didesain satu media interaktif dengan harapan dapat membangun akselerasi tingkat pemahaman dan respon siswa terhadap pembelajaran PLC. Pada penelitian ini didesain media pembelajaran dengan menggunakan Augmented Reality. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran PLC yang digunakan dan untuk mengetahui peningkatan prestasi hasil belajar siswa kelas XI TOI SMKN 1 Cimahi setelah menggunakan media tersebut. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian one group pre-test and post-test dan uji kelayakan media pembelajaran diukur berdasarkan hasil validasi ahli media, ahli materi, dan uji coba responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa mayoritas responden sangat setuju menggunakan media pembelajaran Augmented Reality dan layak sebagai media pembelajaran untuk mata pelajaran sistem kontrol terprogram di SMK Negeri 1 Cimahi. Adapun tingkat perubahan prestasi kompetensi pembelajaran dengan menggunakan media ini secara signifikan berpengaruh terhadap peningkatan dalam memahami dan menguasai materi pembelajaran yang telah dirancang.;--The responses and actions of students toward the installation of PLC learning in SMK (Vocational School) need to be improved, this is related to the acceleration in achieving the level of learning competencies that have been designed. So far, there has been no adequate model and design of alternative learning media in terms of PLC learning. Therefore an interactive media was designed in this study which hopefully can build up the acceleration of students' level of understanding and response to PLC learning. In this study, learning media was designed using Augmented Reality. The purpose of this study is to determine the level of feasibility of PLC learning media that is used and to determine the change level of acceleration of student achievement in class of XI TOI SMKN 1 Cimahi after using the media. In this study using one group pre-test and post-test research methods also the feasibility test of learning media was measured based on the results of the validation of media experts, material experts, and respondents' trials. The results of this study show that the majority of respondents strongly agree to use Augmented Reality learning media and are feasible as learning media for the subjects of the programmed control system at SMKN 1 Cimahi. The change level in learning competency achievement using this media significantly influences the acceleration in understanding and mastering the learning material that has been designed. 
546 |a en 
690 |a LB1603 Secondary Education. High schools 
690 |a TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/41351/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/41351/