PERAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MENANAMKAN KECERDASAN SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP KARTIKA XIX-2 BANDUNG

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya menanamkan kecerdasan sosial pada peserta didik agar terhindar dari berbagai kasus kenalakan remaja dan menunjang penyesuaian diri yang baik dan partisipasinya di masyarakat. Penanaman nilai kecerdasan sosial di dunia pendidikan sekarang ini lebih tepa...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Nada Aprilian Nurjanah, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-05.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/41384/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04329 am a22002773u 4500
001 repoupi_41384
042 |a dc 
100 1 0 |a Nada Aprilian Nurjanah, -  |e author 
245 0 0 |a PERAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MENANAMKAN KECERDASAN SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP KARTIKA XIX-2 BANDUNG 
260 |c 2019-08-05. 
500 |a http://repository.upi.edu/41384/1/S_IPS_1506683_COVER.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41384/2/S_IPS_1506683_BAB%201.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41384/3/S_IPS_1506683_BAB%202.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41384/4/S_IPS_1506683_BAB%203.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41384/5/S_IPS_1506683_BAB%204.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41384/6/S_IPS_1506683_BAB%205.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41384/7/S_IPS_1506683_LAMPIRAN.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya menanamkan kecerdasan sosial pada peserta didik agar terhindar dari berbagai kasus kenalakan remaja dan menunjang penyesuaian diri yang baik dan partisipasinya di masyarakat. Penanaman nilai kecerdasan sosial di dunia pendidikan sekarang ini lebih tepat, apabila penanaman nilai kecerdasan sosial tersebut disalurkan melalui kegiatan yang posistif salah satunya dengan mengikuti kegiatan ekstrakulikuler, seperti kegiatan ekstrakulikuler Pramuka. Kegiatan ekstrakurikuler pramuka SMP Kartika XIX-2 Bandung mendukung penanaman nilai-nilai kecerdasan sosial pada peserta didiknya. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data mengenai peran ekstrakurikuler pramuka dalam menanamkan kecerdasan sosial peserta didik melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi, studi literatur dan catatan lapangan. Sasaran penelitian adalah siswa kelas VII SMP Kartika XIX-2 Bandung dikarenakan siswa kelas VII SMP Kartika XIX-2 Bandung wajib mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Pramuka. Hasil dari penelitian ini bahwa dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler pramuka dapat menanamkan nilai-nilai kecerdasan sosial peserta didik melalui rangkaian kegiatan ekstrakurikuler pramuka sendiri seperti menerima orang lain, mengakui kesalahan, tepat waktu, memiliki hati nurani sosial, menunjukan rasa ingin tahu dan menunjukan perhatian pada lingkungan sekitar. Hambatan dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka berasal dari pihak sekolah, sarana dan prasana serta peserta didik. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut dengan peningkatan sarana dan prasana, menentukan jadwal pramuka yang efektif dan melakukan pelatihan pada tenaga pendidik.;--This research is done in purpose of learning the importance of instilling social intelligence in students to avoids from juvenile delinquency cases, and instilling and adjusting social skills in society and also participation in society. Now days in education world instilling student's social intelligence is better done in a positive activity such as Scout extracurricular. Scout activity in Kartika XIX-2 Junior High School Bandung supports the students in learning social values. The method that was used in gathering data's for Scouts role in instilling social intelligent in students was done by observation, interviews, documentations study, literation study, and field documents. The subjects for this research is students from calss VII Kartika XIX-2 Junior high bandung, due to students in VII class is required to join the Scout activity. The result in this research is with the Scout as extracurricular activity being held, it can grow the student's social intelligence from its series of activity for example accepting another, admit their own mistake, on time, having a social conscience, showing interest and curiosity, and show concerns in local environment. There for the obstacle in practice in the extracurricular is the school itself, the location and equipment needed for the students. The effort that was done to overcome the obstacles is by upgrading the infrastructure, rescheduling the extracurricular to the most effective, and train the tutor. 
546 |a en 
690 |a LB1603 Secondary Education. High schools 
690 |a LC Special aspects of education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/41384/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/41384/