KAJIAN KESALAHAN PENGGUNAAN KONJUNGSI PADA KARANGAN PEMELAJAR BIPA SEBAGAI DASAR PENYUSUNAN BAHAN AJAR BIPA MATERI KONJUNGSI

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesalahan berbahasa pada ranah penggunaan konjungsi dalam karangan Pemelajar BIPA. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pola-pola kesalahan penggunaan konjungsi pada karangan BIPA 3, BIPA 4, dan BIPA 5. Tingkatan BIPA ini dipilih karena pada tingkat...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Rima Rismaya, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-26.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/41467/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04270 am a22002893u 4500
001 repoupi_41467
042 |a dc 
100 1 0 |a Rima Rismaya, -  |e author 
245 0 0 |a KAJIAN KESALAHAN PENGGUNAAN KONJUNGSI PADA KARANGAN PEMELAJAR BIPA SEBAGAI DASAR PENYUSUNAN BAHAN AJAR BIPA MATERI KONJUNGSI 
260 |c 2019-08-26. 
500 |a http://repository.upi.edu/41467/8/S_IND_1506276_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41467/2/S_IND_1506276_Chapter%201.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41467/3/S_IND_1506276_Chapter%202.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41467/4/S_IND_1506276_Chapter%203.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41467/5/S_IND_1506276_Chapter%204.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41467/6/S_IND_1506276_Chapter%205.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41467/7/S_IND_1506276_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesalahan berbahasa pada ranah penggunaan konjungsi dalam karangan Pemelajar BIPA. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pola-pola kesalahan penggunaan konjungsi pada karangan BIPA 3, BIPA 4, dan BIPA 5. Tingkatan BIPA ini dipilih karena pada tingkat ini pemelajar harus mampu menguasai teks panjang dan rumit, sehingga kalimat yang dihasilkan pun bukan kalimat tunggal dan sederhana. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik sampling purposif dan dokumentasi pada karangan pemelajar BIPA 3, BIPA 4, dan BIPA 5 di Balai Bahasa Universitas Pendidikan Indonesia. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua pola kesalahan penggunaan konjungsi yaitu kesalahan penggunaan konjungsi pada awal dan tengah kalimat. Konjungsi yang paling sering salah digunakan adalah konjungsi dan, tapi, tetapi, namun, karena, dan kemudian. Implikasi dari penelitian ini adalah penyusunan bahan ajar yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran BIPA, khususnya materi konjungsi. Bahan ajar ini berisi satu unit pembahasan materi konjungsi yang terintegrasi dalam kegiatan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Pada setiap keterampilan dimuat beragam tugas yang berkaitan dengan materi konjungsi agar pemelajar BIPA mahir membuat kalimat dengan menggunakan konjungsi yang tepat. Adapun konjungsi dalam bahan ajar ini adalah konjungsi subordinatif hubungan makna sebab dan isi, konjungsi koordinatif hubungan makna penjumlahan, dan konjungsi antarkalimat.; Language errors in the conjunction made by BIPA students in their essays are the background of this research. The purpose of this research is to describe the patterns of conjunction errors in essay of BIPA 3, BIPA 4, and BIPA 5. This three BIPA level was choosen because at this level the learner must be able to understood long and complecated tects, so the sentences produced are not single and simple sentences. This research uses qualitative research methods with purposive sampling techniques and documentation in the essays of BIPA 3, BIPA 4, and BIPA 5 learners at Balai Bahasa Universitas Pendidikan Indonesia. The findings of the study show that there are two patterns of misuse of conjunctions, namely misuse of conjunctions at the beginning and middle of sentences. The most commonly misused conjunctions are conjunctions and, but, but, however, because, and then. The implication of this research is the preparation of teaching materials that can be used in the BIPA learning process, especially conjunction material. This teaching material contains one unit with conjunction as main theme were integrated into listening, speaking, reading and writing activities. Each skill contains a variety of tasks related to conjunction material so that BIPA learners are adept at making sentences using the right conjunction. The conjunctions in this teaching material are subordinative conjunctions of meaning and content relations, coordinative conjunctions of summation meaning relationships, and intercallal conjunctions. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LT Textbooks 
690 |a PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/41467/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/41467/