PENGGUNAAN TEKNIK PERMAINAN LUDO DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA BAHASA PERANCIS

ABSTRAK Erika Dwi Gustiyanti Departemen Pendidikan Bahasa Perancis, FPBS UPI No. 299 Dr. Setiabudhi Bandung 40154 Jawa Barat, Indonesia erikadwi.gusti@gmail.com Penelitian ini memiliki sejumlah tujuan, yaitu : (1) mendeskripsikan tahapan penggunaan teknik permainan Ludo dalam pembelajaran berbicara...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Erika Dwi Gustiyanti, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/41512/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:ABSTRAK Erika Dwi Gustiyanti Departemen Pendidikan Bahasa Perancis, FPBS UPI No. 299 Dr. Setiabudhi Bandung 40154 Jawa Barat, Indonesia erikadwi.gusti@gmail.com Penelitian ini memiliki sejumlah tujuan, yaitu : (1) mendeskripsikan tahapan penggunaan teknik permainan Ludo dalam pembelajaran berbicara bahasa Perancis, (2) memperoleh data tingkat kemampuan berbicara bahasa Perancis peserta didik setelah menggunakan teknik permainan Ludo, dan (3) memperoleh informasi mengenai tanggapan siswa tentang penggunaan teknik permainan Ludo dalam pembelajaran berbicara bahasa Perancis. Metode penelitian yang digunakan pra-eksperimen dengan desain one-shot case study. Dari hasil penelitian, diketahui: (1) kemampuan peneliti dalam menerapkan teknik permainan Ludo telah sesuai dengan prosedur dibuktikan dengan nilai 3,93. Dan aktivitas siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran dengan nilai 27/30, (2) berdasarkan nilai rata-rata tes berbicara bahasa Perancis siswa setelah menggunakan teknik permainan Ludo, yakni 77,2/100 dalam kategori baik, dan (3) berdasarkan hasil perhitungan angket, dapat disimpulkan bahwa sebesar 76,47% siswa merasa tertarik dengan teknik permainan Ludo. Kata kunci: teknik permainan, Ludo, keterampilan berbicara bahasa Perancis This study has a number of objectives, namely: (1) describing the stages of using the Ludo game technique in learning to speak French, (2) obtaining data on the level of French students' speaking ability after using the Ludo game technique, and (3) obtaining information about student responses about the use of the Ludo game technique in learning to speak French. The research method used was pre-experimental with a one-shot case study design. From the results of the study, it is known: (1) the ability of researchers to apply Ludo game techniques in accordance with the procedure is proven by a value of 3.93. And active student activities in learning activities with a value of 27/30, (2) based on the average test scores of French speaking students after using the Ludo game technique, which is 77.2 / 100 in the good category, and (3) based on the results of the questionnaire calculation It can be concluded that 76.47% of students felt attracted to the Ludo game technique. Keywords: game techniques, Ludo, French speaking skills
Item Description:http://repository.upi.edu/41512/1/S_PRS_1501548_Title.pdf
http://repository.upi.edu/41512/2/S_PRS_1501548_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/41512/3/S_PRS_1501548_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/41512/4/S_PRS_1501548_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/41512/5/S_PRS_1501548_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/41512/6/S_PRS_1501548_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/41512/7/S_PRS_1501548_Appendix.pdf