PERAN EKSTRAKURIKULER PASKIBRA DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU SATOTEMA UNTUK MEMBANGUN GENERASI UNGGUL: Studi Kasus pada Ekstrakurikuler Paskibra SMP Negeri 46 Bandung

Ekstrakurikuler Paskibra SMP Negeri 46 Bandung memiliki perhatian yang besar terhadap pembentukan sikap dan perilaku seorang individu menjadi generasi yang unggul, salah satunya adalah penggunaan etika bergaul dengan penerapan perilaku SATOTEMA. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode pene...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Eka Nurcahyani Nurani, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-08-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/41643/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Ekstrakurikuler Paskibra SMP Negeri 46 Bandung memiliki perhatian yang besar terhadap pembentukan sikap dan perilaku seorang individu menjadi generasi yang unggul, salah satunya adalah penggunaan etika bergaul dengan penerapan perilaku SATOTEMA. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan data yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan studi literatur. Hasil dari penelitian ini adalah pertama penelitian ini menunjukkan bahwa latar belakang anggota memilih Paskibra sebagai ekstrakurikuler yang diikuti karena ada dorongan dari orang tua serta untuk mengembangkan sikap, perilaku, dan mental pada diri. Kedua kegiatan-kegiatan Paskibra ini merupakan suatu rangkaian kegiatan yang wajib diikuti dari awal menjadi capas hingga menjadi senior utama, karena di setiap kegiatannya ada proses pengembangan perilaku SATOTEMA yang menjadi bekal bagi para anggota untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Ketiga faktor pendukung dan faktor penghambat yang ditemui oleh Pembina dan Pelatih adalah perizinan orang tua dan sekolah, kehadiran anggota, model pelatihan, serta pembiayaan, sarana, dan prasarana. Keempat, melalui model pelatihan klasik dan proses pembiasaan pengembangan perilaku SATOTEMA serta sistem reward dan punishment, anggota Paskibra merasakan adanya pengembangan perilaku SATOTEMA selama mereka berkegiatan dari capas hingga senior utama. ..... Extracurricular Paskibra of Bandung 46 Junior High School has a great attention towards the formation of attitudes and behavior of an individual into a superior generation, one of which is the use of ethics hanging out with the application of SATOTEMA behaior. In this study, the researchers used a qualitative research method with case study approach. Data collection techniques that researchers use is observation, interviewing, documentary studies, and literature studies. The results of this research is the first research indicates that the background of the members choose Paskibra as extracurricular activities that are followed because there is encouragement from parents as well as to develop the attitudes, behaviors, and attitudes in themselves. The second is Paskibra activities is a series of activities that must be followed from the beginning to become capas became the senior major, because in each of its activities there is the process of developing the SATOTEMA behavior be provision for members to apply it in everyday life. The third is endowments factor and restricting factors found by the Builder and trainer is licensing parents and schools, the presence of a member, model training, as well as financing, means, and infrastructure. The fourth, through the model of classical training and conditioning process development and systems of SATOTEMA behavior of reward and punishment, a member of Paskibra feel any such SATOTEMA behavior development during their occupation of capas until senior major.
Item Description:http://repository.upi.edu/41643/1/S_SOS_1401206_Title.pdf
http://repository.upi.edu/41643/2/S_SOS_1401206_Table_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/41643/3/S_SOS_1401206_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/41643/4/S_SOS_1401206_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/41643/5/S_SOS_1401206_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/41643/6/S_SOS_1401206_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/41643/7/S_SOS_1401206_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/41643/8/S_SOS_1401206_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/41643/9/S_SOS_1401206_Bibiliography.pdf
http://repository.upi.edu/41643/10/S_SOS_1401206_Appendix.pdf