PENGARUH KEMAMPUAN GURU DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ABAD 21 SISWA (Survei pada siswa kelas VII MTs Negeri di Kabupaten Bekasi)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kompetisi di abad ke-21 yang semakin ketat sehingga siswa harus memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi . Hal ini sesuai dengan tujuan IPS, yaitu membuat siswa mampu dalam berpikir ktitis, analitis dan kreatif, serta membuat siswa mampu dalam mengambil keputus...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Anistia Nurhalida, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-06-18.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/41654/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03193 am a22002773u 4500
001 repoupi_41654
042 |a dc 
100 1 0 |a Anistia Nurhalida, -  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH KEMAMPUAN GURU DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ABAD 21 SISWA (Survei pada siswa kelas VII MTs Negeri di Kabupaten Bekasi) 
260 |c 2019-06-18. 
500 |a http://repository.upi.edu/41654/8/T_IPS_1602943_TITLE.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41654/2/T_IPS_1602943_CHAPTER%20I-converted.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41654/3/T_IPS_1602943_CHAPTER%20II-converted.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41654/4/T_IPS_1602943_CHAPTER%20III.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41654/5/T_IPS_1602943_CHAPTER%20IV.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41654/6/T_IPS_1602943_CHAPTER%20V.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41654/7/T_IPS_1602943_APPENDDIX.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kompetisi di abad ke-21 yang semakin ketat sehingga siswa harus memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi . Hal ini sesuai dengan tujuan IPS, yaitu membuat siswa mampu dalam berpikir ktitis, analitis dan kreatif, serta membuat siswa mampu dalam mengambil keputusan secara rasional. Guru merupakan salah satu peran penting untuk mecapai tujuan tersebut. Guru bertanggung jawab dalam mengelola pembelajaran agar suatu tujuan pembelajaran tercapai. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendapatkan gambaran bagaimana pengaruh kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian ini dilakukan mengggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Lokasi penelitian dilakukan di MTs Negeri Se Kabupaten Bekasi. Sampel yang digunakan berjumlah 290 siswa kelas VII yang diambil secara acak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket kepada siswa untuk mengukur Variabel kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran IPS, pemberian tes uraian untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik, serta studi literatur. Tahapan analisis data meliputi: (1) Uji Asumsi (Uji normalitas, uji linieritas) dan (2) Uji Hipotesis (Uji R dan Uji T). Dari hasil uji hipotesis didapatkan hasil yaitu kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran IPS berpengaruh terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Selain itu penelitian ini juga menunjukan gambaran kemampuan mengelola pembelajaran IPS guru MTs Negeri di Kabupaten Bekasi ber ada pada kategori sedang begitu pula kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa berada pada kategori sedang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan guru dalam menetapkan tujuan, memilih dan menggunakan metode, sumber belajar, media pembelajaran, mengenal kemampuan anak didik, dan melakukan penilaian dalam pembelajaran berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta dalam pembelajaran IPS. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a Q Science (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/41654/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/41654/