PENGEMBANGAN NILAI NASIONALIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS (Studi Kasus di SMPN 1 Wlingi-Blitar)

Penelitian ini berangkat dari adanya degradasi nilai nasionalis generasi muda khususnya peserta didik yang disebabkan oleh globalisasi. Oleh karena itu, Nasionalisme sebagai ideologi pemersatu bangsa, harus tetap dipelihara untuk kesejahteraan bangsa Indonesia. Blitar sebagai Kabupaten Proklamator m...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Heni Ainul Rohmah, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-05-24.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/4173/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04800 am a22002893u 4500
001 repoupi_41703
042 |a dc 
100 1 0 |a Heni Ainul Rohmah, -  |e author 
245 0 0 |a PENGEMBANGAN NILAI NASIONALIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS (Studi Kasus di SMPN 1 Wlingi-Blitar) 
260 |c 2019-05-24. 
500 |a http://repository.upi.edu/41703/1/T_PSIPS_1605234_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41703/2/T_PSIPS_1605234_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41703/3/T_PSIPS_1605234_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41703/4/T_PSIPS_1605234_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41703/5/T_PSIPS_1605234_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41703/6/T_PSIPS_1605234_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41703/7/T_PSIPS_1605234_Appendix%20%281%29.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41703/8/T_PSIPS_1605234_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini berangkat dari adanya degradasi nilai nasionalis generasi muda khususnya peserta didik yang disebabkan oleh globalisasi. Oleh karena itu, Nasionalisme sebagai ideologi pemersatu bangsa, harus tetap dipelihara untuk kesejahteraan bangsa Indonesia. Blitar sebagai Kabupaten Proklamator memiliki sejarah panjang lahirnya nasionalisme di Indonesia. SMPN 1 Wlingi yang berlokasi di Blitar telah melaksanakan program pembelajaran berbasis nilai nasionalisme dalam pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pengembangan nilai nasionalis siswa dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) proses pengembangan nilai nasionalis siswa dalam pembelajaran IPS telah didesain di dalam RPP, pada pelaksanaanya guru mengembangkan nilai nasionalisme menggunakan sumber belajar biografi Ir. Soekarno diintegrasikan kedalam materi mobilitas sosial. Guru juga mengembangkan nilai nasionalis melalui media video-video kebhinekaan Indonesia. serta dalam mengembangkan nilai nasionalis guru juga menggunakan discovery learning dengan menggali nilai-nilai budaya lokal Blitar salah satunya Grebeg Pancasila. 2) Hasil pembelajaran menunjukkan siswa memiliki kesadaran dan pemahaman nilai-nilai nasionalisme. Tercermin dari sikap siswa yang mengandung nilai-nilai nasionalisme dan kemampuan berpikir kritis dalam menanggapi berbagai isu sosial. 3) kendala pokok yang dialami guru adalah terdapat beberapa materi yang dinilai sulit untuk mengintegrasikan nilai nasionalisme seperti materi interaksi sosial, adapun solusinya adalah menggunakan contoh-contoh dari budaya lokal Blitar sebagai sumber belajar yang relevan; This study is based on the degradation of nationalism values on young generation, particular students that caused by the globalization. Therefore, nationalism as ideology that unify the nation must be mantained for the welfare of Indonesia people. Blitar as a city of proclamators has a long history of the birth the nationalism in Indonesia. SMPN 1 Wlingi which located in Blitar has applied the Nationalism-based learning program on Social Studies. The objective of this study is to find out the development process of students' nationalism values in Social Studies. This study used a case study method and data collection techniques through observation, interview, and documentation. The results show that: 1) the development process of students' nationalism values on Social Studies has been designed in the lesson plan, in the application the teacher develops the values of nationalism using source from Ir. Soekarno biography and integrated into social mobility material. The teacher also develops values of nationalism through the media of videos about Indonesian diversity as well as using discovery learning by ecploring the value of Blitar local culture, one of them is Grebeg Pancasila. 2) the learning results show that the students have awareness and understanding about the values of nationalism. It reflected from the students attitudes that contain the values of nationalism and the ability to think critically in responding to social issues. 3) the main obstacle that experienced by the teacher is that there are some material which is consider difficult to integrate the values of nationalism such as social interaction, as for the solution is that by using some examples from Blitar local culture as a relevant learning source. Keywords: Value Education, Values of Nationalism, Social Studies. 
546 |a en 
690 |a H Social Sciences (General) 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/41703/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/4173/