EFEKTIVITAS PELATIHAN OUTBOUND TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK DENGAN HAMBATAN EMOSI PERILAKU KELAS V DI SLBE BHINA PUTERA SURAKARTA

Keterampilan sosial anak dengan hambatan emosi perilaku yang tidak sesuai dengan keterampilan sosial anak pada umumnya menyebabkan anak tidak dapat menjalin hubungan sosial yang baik. Hal ini berdampak pada perilakunya sehari-hari dan berpengaruh pula pada saat kegiatan pembelajaran. Salah satu upay...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Sri Nur Oktaviani, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-26.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/41713/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04501 am a22002893u 4500
001 repoupi_41713
042 |a dc 
100 1 0 |a Sri Nur Oktaviani, -  |e author 
245 0 0 |a EFEKTIVITAS PELATIHAN OUTBOUND TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK DENGAN HAMBATAN EMOSI PERILAKU KELAS V DI SLBE BHINA PUTERA SURAKARTA 
260 |c 2019-08-26. 
500 |a http://repository.upi.edu/41713/2/S_PKH_1505215_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41713/3/S_PKH_1505215_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41713/4/S_PKH_1505215_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41713/5/S_PKH_1505215_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41713/6/S_PKH_1505215_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41713/1/S_PKH_1505215_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/41713/7/S_PKH_1505215_Apendix.pdf 
520 |a Keterampilan sosial anak dengan hambatan emosi perilaku yang tidak sesuai dengan keterampilan sosial anak pada umumnya menyebabkan anak tidak dapat menjalin hubungan sosial yang baik. Hal ini berdampak pada perilakunya sehari-hari dan berpengaruh pula pada saat kegiatan pembelajaran. Salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan sosial pada anak ialah pelatihan outbound yaitu sebuah pelatihan di tempat terbuka (outdoor) yang menggunakan metode games dengan secara berkelompok. Tujuan dari permainan outbound ialah untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan outbound untuk meningkatkan keterampilan sosial. Penelitian ini berpijak pada penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Wahid (2010) mengenai "Pengembangan Permainan outbound untuk Melatih Keterampilan Sosial Siswa SMP" Penelitian tersebut hanya teoritik, belum melalui uji lapangan untuk mengetahui efektivitas permainan outbound dalam meningkatkan keterampilan sosial. Untuk itu diperlukan sebuah eksperimen dalam mengetahui efektivitas permainan outbound untuk meningkatkan keterampilan sosial. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pre-eksperimental one group pretest and posttest design. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 6 anak dengan hambatan emosi dan perilaku. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon . Data dianalisis dengan menggunakan Pre-Test Post Test. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa pelatihan outbound efektif untuk meningkatkan keterampilan sosial. Pelatihan dapat dijadikan alternatif untuk guru dalam kegiatan ekstrakulikuler maupun di terapkan dalam kegiatan olahraga guna meningkatkan keterampilan sosial anak dengan hambatan emosi dan perilaku. The social skill of children with emotional and behavioral children (EBD) that do not match their peers caused them to not be able to establish good social relationships. The difference of the social skill has an impact on their daily activities and learning activities. One of many ways to improve social skill of children with EBD is outbound training, which is an outside training activity that uses the group games as a method. The purpose of the outbound training is to improve students social skills. This research aims to determine the effectiveness of outbound training to improve social skills. This research builds on previous research conducted by Wahid (2010) on "Development of Outbound Games to Train Social Skills of Junior High School Students." The research only shows the theory, not yet through field testing to determine the effectiveness of outbound games in improving social skills. With that in mind, an experiment to determine the effectiveness of outbound games to improve social skills is made. This research used a pre-experimental one group pretest and posttest research design. The research in this study consisted of 6 children with emotional and behavioral disorder. Measuring instruments used in this study is the Wilcoxon test. Data were analyzed using Pre-Test Post Test. The experimental result shows that outbound training is indeed effective for improving social skills. Outbound training can be used as an alternative for teachers in extracurricular activities or sports activities to improve social skill of children with EBD 
546 |a en 
690 |a BF Psychology 
690 |a L Education (General) 
690 |a LC Special aspects of education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/41713/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/41713/