PENGARUH SUMBER BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X OTKP PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN DI SMK PASUNDAN 1 CIMAHI

Penelitian ini dilakukan di SMK Pasundan 1 Cimahi. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah belum optimalnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Kearsipan di Kelas X OTKP di SMK Pasundan 1 Cimahi. Hal tersebut ditandai dengan masih adanya siswa yang belum mencapai nilai KKM. Penel...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Nina Reginawati, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-07-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/41786/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilakukan di SMK Pasundan 1 Cimahi. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah belum optimalnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Kearsipan di Kelas X OTKP di SMK Pasundan 1 Cimahi. Hal tersebut ditandai dengan masih adanya siswa yang belum mencapai nilai KKM. Penelitian ini terdiri atas tiga variabel yaitu Sumber Belajar (X1), Minat Belajar (X2), terhadap Prestasi Belajar Siswa (Y). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari sumber belajar, minat belajar, dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Kearsipan di Kelas X OTKP di SMK Pasundan 1 Cimahi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Explanatory Survey. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis menggunakan regresi ganda. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu sabanyak 69 siswa. Responden pada penelitian ini adalah siswa Kelas X AP 1 dan X AP 2 di SMK Pasundan 1 Cimahi. Berdasarkan persepsi responden didapatkan hasil analisis bahwa sumber belajar siswa berada pada kategori sedang, minat belajar siswa berada pada kategori sedang, dan prestasi belajar siswa berada pada kategori rendah. Hasil uji hipotesis diperoleh bahwa sumber belajar dan minat belajar mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. This research was conducted at SMK Pasundan 1 Cimahi. The problems studied in this study are not optimal student learning achievement in the Archival subject in Class X OTKP at SMK Pasundan 1 Cimahi. This is indicated by the presence of students who have not yet reached the KKM score. This study consisted of three variables, namely Learning Resources (X1), Interest in Learning (X2), and Student Learning Achievement (Y). This research was conducted to find out how the influence of learning resources, learning interest, and student learning achievement on Archival subjects in Class X OTKP at SMK Pasundan 1 Cimahi. The method used in this study is the Explanatory Survey method. The technique of collecting data uses a questionnaire. The analysis technique uses multiple regression. The population in this study is 69 students. Respondents in this study were students of Class X AP 1 and X AP 2 at Pasundan 1 Cimahi Vocational School. Based on the respondents 'perceptions, the results of the analysis show that student learning resources are in the medium category, students' interest in learning is in the moderate category, and student learning achievement is in the low category. Hypothesis test results obtained that learning resources and learning interests have a positive and significant influence on student learning achievement. Keywords: Learning Resources, Learning Interests, Student Learning Achievements
Item Description:http://repository.upi.edu/41786/8/S_PKR_1505153_Title.pdf
http://repository.upi.edu/41786/2/S_PKR_1505153_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/41786/3/S_PKR_1505153_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/41786/4/S_PKR_1505153_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/41786/5/S_PKR_1505153_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/41786/6/S_PKR_1505153_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/41786/7/S_PKR_1505153_Appendix.pdf