MODEL LAYANAN PENDIDIKAN SISWA BERBAKAT MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN ENRICHMENT PROBLEM SOLVING SMP

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesulitan yang ditemukan dari siswa berbakat matematika dalam mencapai kemampuan Three Mathematical Minds (M3), dan mengetahui apakah bahan ajar enrichment yang dikembangkan dapat mengatasi kesulitan sebagaimana yang ditemukan pada tes kemampuan M3. Pe...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Arismoyo, Gilang (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2013-08-26.
Subjects:
Online Access:Get Online
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 01775 am a22001573u 4500
001 repoupi_687
042 |a dc 
100 1 0 |a Arismoyo, Gilang  |e author 
245 0 0 |a MODEL LAYANAN PENDIDIKAN SISWA BERBAKAT MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN ENRICHMENT PROBLEM SOLVING SMP 
260 |c 2013-08-26. 
520 |a Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesulitan yang ditemukan dari siswa berbakat matematika dalam mencapai kemampuan Three Mathematical Minds (M3), dan mengetahui apakah bahan ajar enrichment yang dikembangkan dapat mengatasi kesulitan sebagaimana yang ditemukan pada tes kemampuan M3. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Bandung. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa berbakat matematika yang tergabung dalam ektrakurikuler Kelompok Pecinta Matematika (KPM). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Analisis data dilakukan dengan cara analisis deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data secara triangulasi data. Dari hasil penelitian diperoleh tiga kesulitan siswa berbakat matematika dalam mencapai kemampuan M3, yaitu: 1) kesulitan bersifat strategik atau heuristik, 2) kesulitan bersifat penalaran adaptif, dan 3) kesulitan bersifat gabungan (strategik dan penalaran adaptif). Bahan ajar enrichment yang dikembangkan dapat membantu siswa dalam hal kesulitan bersifat strategik dan kesulitan bersifat penalaran adaptif. Kata Kunci: Tes kemampuan Three Mathematical Minds, kesulitan bersifat strategik, kesulitan bersifat penalaran adaptif, kesulitan bersifat strategik dan penalaran adaptif, bahan ajar enrichment. 
690 |a Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/687/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/687/  |z Get Online